Pesona Hutan Baun Pusuk Lombok, Wisata Liburan di Lombok

Sebagai salah satu pulau wisata, Lombok tidak hanya menyediakan wisata pantai, namun juga wisata air terjun, hutan dan juga wisata gunung serta wisata kerajinan tradisional. Salah satu objek wisata liburan di Lombok yang bisa jadi pilihan wisata Anda adalah Hutan Baun Pusuk. Wisata Hutan Pusuk ini masuk ke dalam bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

Hutan Baun Pusuk
Hutan Baun Pusuk

Hutan Pusuk terbentang di bawah kaki gunung Rinjani. Hutan Baun Pusuk dikenal sebagai hutan yang penuh dengan monyet. Namun Anda tidak perlu khawatir, monyet yang ada di hutan Pusuk dikenal jinak dan tidak membahayakan. Bahkan pengunjung banyak yang memberikan makanan pada monyet yang ada di sana.

Hutan Baun Pusuk terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Jalur menuju ke hutan ini satu jalur dengan jalur ke Gunung Rinjani. Jika Anda berniat mendaki Rinjani, Anda akan melewati hutan ini. Tidak heran jika para pendaki sering mampir ke hutan ini sebelum melanjutkan pendakian ke Gunung Rinjani.

Lokasi Hutan Baun Pusuk

Hutan Baun Pusuk yang merupakan salah satu wisata liburan di Lombok ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara. Anda akan disguhkan dengan pemandangan hijau yang membentang di sepanjang jalan. Terletak di bawah kaki gunung Rinjani, maka tidak heran jika hutan Pusuk ini dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Untuk bisa sampai ke hutan Pusuk, Anda dapat menempuh perjalan dengan kendaraan pribadi atau dengan travel.

Hutan Pusuk sebenarnya bukan menjadi objek wisata utama, hanya sebagai tempat persinggahan untuk beristirahat. Namun karena udara yang segar serta pemandangan yang menyejukkan mata, maka tidka heran jika tempat ini dijadikan sebagai objek wisata oleh para pengunjung.

Pesona Hutan Baun Pusuk

Ada banyak keindahan yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke hutan Pusuk ini. Sayang sekali rasanya jika Anda berkunjung ke Lombok namun tidak menyempatkan diri datang ke hutan pusuk. Saat mengunjungi hutan ini, Anda akan disambut dengan monyet-monyet yang ramah dan jinak. Anda juga bisa menikmati suasana yang asri dan sejuk serta menenangkan dengan pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

Hutan Baun Pusuk
Hutan Baun Pusuk

Selain itu, sepanjang perjalanan Anda dapat menimati jajanan atau minuman khas yang dijajakan oleh para pedagang di sepanjang jalan hutan Pusuk. Salah satu minuman khas yang bisa coba adalah tuak manis. Tuak manis merupakan minuman tradisional yang berbeda dengan arak.  Minuman ini tidak memabukkan karena tidak mengandung alkohol. Tuak manis bisa menjadi penyegar perjalanan Anda di hutan Pusuk.

Sebagai pulau yang menyimpan banyak surga yang tersembunyi, Lombok tidak hanya menyuguhkan pamandangan pantai dengan sunset atau sunrise yang memanjakan mata. Keindahan lain dari ciptaan Tuhan bisa Anda saksikan di hutan Pusuk ini. Jika di Bogor ada Puncak Bogor, maka di Lombok Anda bisa menikmati keindahan alam layaknya di Puncak Bogor dengan mengunjungi Hutan Baun Pusuk.

Hutan Baun Pusuk ini memiliki hamparan perbukitan dengan hutan yang hijau dan juga udara segar yang bisa Anda nikmati. Anda bisa santai sejenak dari rutinitas perkotaan dan juga pekerjaan kantor sambil menikmati pemandangan dan udara segar dari alam. Hutan Pusuk ini juga ditumbuhi dengan pepohonan yang tinggi dan besar sehingga sangat cocok untuk bersantai dengan alam.

Selain sebagai objek wisata, Hutan Baun Pusuk ini memang dikenal sebagai habitat dari berbagai jenis monyet. Hutan ini termasuk ke dalam hutan lindung yang dilindungi, maka tidak heran jika banyak hewan, terutama monyet tinggal di hutan ini. Saat berkunjung ke hutan Pusuk, Anda akan menjumpai monyet-monyet jinak yang termasuk ke dalam jenis Macaca fascicilaris, yaitu monyet berekor panjang. Monyet-monyet ini menjadi  khas dari hutan Pusuk.

Keindahan dan panorama alam yang disuguhkan Hutan Baun Pusuk ini sudah tidak diragukan lagi. Saat ini, hutan Pusuk menjadi salah satu objek wisata alam yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal, domestik bahkan wisatawan mancanegara. Monyet-monyet jinak ekor panjang yang ada di hutan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *