Pulau Mungil Eksotis Gili Sudak di Kecamatan Sekotong, Lombok

Aktifitas wisata di Pulau Lombok takkan pernah sepi karena memang menjadi salah satu tempat tujuan favorit bagi turis. Bagaimana dengan Anda? Jika butuh referensi lebih banyak mengenai spot wisata terbaik di Lombok, Anda bisa melakukan explorasi ke pulau-pulau kecil atau gili, yang tersebar berdekatan dengan pulau utama. Diantara mereka, ada Gili Sudak yang menjadi salah satu dari 4 sekawan selain Kedis, Nanggu, dan Tangkong. Ini melengkapi popularitas trio gili yang pasti sudah pernah Anda dengar yaitu Gili Meno, Air, dan Trawangan. Lokasinya berada di Kecamatan Sekotong dan masih termasuk di Kabupaten Lombok Barat.

Menuju ke Gili Sudak

Gili Sudak Lombok
Gili Sudak Lombok

Faktanya, Pulau Sudak berada di sebelah timur Gili Tangkong dan hanya butuh waktu 10-20 menit untuk menyeberang kesana. Namun bagi Anda yang berangkat dari ibukota Lombok (Kota Mataram), perjalanan akan cukup lama karena jaraknya lebih tidak kurang dari 70 km. Tidak hanya butuh transportasi darat, nanti Anda perlu menyewa ketinting untuk menyebrang ke Sudak.

Keberangkatan Anda dimulai dari Kota Mataram dan tempat tujuan pertama adalah pelabuhan lokal di Kecamatan Sekotong. Disana Anda akan menemukan jasa transportasi perahu dengan harga yang beragam. Untuk harga yang lebih murah, pastikan lakukan tawar menawar terlebih dahulu ya. Setelah mendapat jasa terbaik dan terjangkau, kini saatnya berangkat menuju ke Pulau Sudak. Angin berhembus cukup kencang dan terik matahari cukup membuat Anda tidak nyaman. Meski demikian, pemandangan laut lepas akan membuat perjalanan ini menarik. Sempat-sempatkan juga untuk mengambil foto ya!

Menikmati Aktifitas Wisata di Gili Sudak

Setibanya di lokasi, Anda akan menemukan sebuah sebuah pulau berukuran kecil yang tidak lain merupakan Gili Sudak. Dari segi keindahan, fitur-fitur alam cukup mirip dengan Gili Tangkong terutama pada bagian pantai dan pesisir lautnya. Namun dari kuantitas vegetasi, Sudak memiliki lebih banyak ragam dan pepohonan disana lebih rimbun dibandingkan pulau tetangga. Satu lagi perbedaan signifikan adalah ombak di laut yang lebih besar dan menantang.

Pulau kecil berukuran 30 Ha ini memiliki fitur utama yaitu pantai eksotis, dimana Anda akan menghabiskan aktifitas wisata snorkeling di lombok. Dari pinggir pantai, pulau tetangga seperti Kedis dan Tangkong pun terlihat jelas. Dengan pemadangan horizon luar biasa ini, pastikan kamera Anda sudah berada di tangan dan mulau mengambil beberapa foto untuk koleksi maupun kenang-kenangan selama berwisata di pulau mungil tersebut.

Gili Sudak
Gili Sudak

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ukuran pulau amatlah mungil dengan bentuk yang menyerupai lingkaran sempurna. Garis pantai mengelilingi pulau tersebut, yang artinya turis bisa menikmati keindahan suasana pantai dari semua sudut! Pada bagian tengah pulau, fitur pepohonan rindang menyambut Anda dan menjadi tempat istirahat serta menghindari terik matahari. Fitur buatan manusia yang terlihat disana hanyalah tempat makan serta gardu kecil saja. Selain kedua hal itu, yang Anda dapat temukan adalah alam yang asri.

Selain keindahan alamnya, Pulau Sudak terkenal dengan pesona bawah lautnya (bahkan lebih indah dari yang ditawarkan Gili Tangkong). Saking jernihnya, hamparan terumbu karang sudah terlihat jelas hanya beberapa meter dari garis pantai. Namun jika ingin menikmati ragam terumbu karang yang lebih bervariasi, Anda perlu menuju agak lebih jauh lagi. Selain terumbu karang, kumpulan ikan-ikan tropis akan menemani aktifitas snorkeling disana. Namun pastikan ombak sedang ramah dan cuaca sedang cerah sebelum menikmati kegiatan ini ya.

Santap Seafood di Pinggir Pantai

Dibalik segala kelebihannya, Pulau Sudak masih minim fasilitas atau prasarana. Namun untuk urusan makan, ada warung seafood sederhana dimana Anda bisa menikmati ikan laut bakar yang renyah dan lezat! Menikmati santap hidangan laut ditemani pemandangan pantai tentu menjadi pengalaman takkan terlupakan, bukan demikian?

Nah, bagaimana menurut Anda? Sudah siap menikmati liburan santai dan aktifitas snorkeling seru di Gili Sudak? Pastikan untuk datang ramai-ramai bersama keluarga atau teman ya. Ini akan membuat suasana liburan di pulau tersebut lebih berkesan dan asyik tentunya. Jangan lupa juga untuk bagikan artikel ini kepada mereka. Untuk tips, jangan lupa siapkan perlengkapan snorkeling, pakaian ekstra, serta uang cukup sebelum berangkat. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *