Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Mataram untuk Orang Terdekat Anda

Orang Indonesia adalah orang yang berbudaya dan begitu ramah kepada siapapun juga, terutama untuk orang-orang terdekatnya. Hal ini pun berlaku bila Anda ataupun kerabat Anda sedang pergi berlibur. Tentunya Anda tidak akan lupa untuk membawakan oleh-oleh untuk kerabat Anda bukan?, hal ini berlaku juga untuk sebaliknya. Untuk Anda yang sedang pergi berlibur di Lombok, sebaiknya Anda tidak melewatkan beberapa jenis oleh-oleh yang dapat Anda bagikan untuk kerabat Anda. Disini terdapat beberapa oleh-oleh yang dapat Anda beli disekitar Mataram, seperti barang-barang kesenian ataupun camilan-camilan. Untuk mengetahui secara detail tentang oleh-oleh khas Mataram, maka Anda wajib membaca artikel ini.

Ini Dia Jenis Oleh-Oleh Khas Mataram yang Terkenal

Oleh-oleh khas Mataram terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian kuliner dan di lain sisi Anda dapat memberikan barang-barang seni. Tentunya keduanya, dapat Anda jadikan list untuk cicipi atau bahkan untuk membawanya pulang ke rumah. Berikut ini beberapa penjelasan singkat mengenai kedua macam oleh-oleh tersebut.

  1. Oleh-oleh kuliner khas Mataram

  • Dodol Rumput Laut

Salah satu kuliner khas Mataram yang dapat Anda bawa pulang untuk kerabat Anda adalah Dodol. Mungkin dodol sering Anda dengar, namun berbeda dengan dodol tersebut dodol di Mataram terbuat dari rumput laut. Dodol ini memberikan manfaat untuk pencernaan tubuh kita. Dodol rumput laut juga memiliki rasa yang enak. Oleh karenanya, banyak wisatawan yang membawa dodol ini pulang sebagai oleh-oleh. Selain rasanya yang enak, harganya yang terjangkau pun menjadi pilihan untuk membawanya pulang.

  • Madu Lombok

Selain potensi laut yang dimilikkinya, Lombok juga memiliki potensi hutan yang besar. Hal ini terbukti dengan keberadaan Madu Lombok yang mampu bersaing dengan madu-madu lain. Madu Lombok dihasilkan oleh lebah hutan tropis, yang terjaga keasriannya sehingga memberikan banyak khasiat bagi yang mengkonsumsinya. Madu Lombok juga banyak dikenal sebagai Madu Sumbawa. Keunikan dari madu ini adalah madunya yang berwarna putih, berbeda dengan madu kebanyakan. Keunikan dan khasiatnya yang baik bagi tubuh inilah yang menjadikan madu Lombok banyak dicari oleh wisatawan. Anda juga penasaran?

  1. Oleh-oleh kerajinan seni khas Mataram

  • Mutiara Lombok

Lombok yang kaya akan wisata laut,  tentunya akan memiliki potensi besar untuk mutiaranya. Mutiara Lombok merupakan mutiara asli yang diambil langsung dari dasar laut Lombok. Mutiara Lombok akan menjadi oleh-oleh khas Mataram yang cocok untuk kolega kerja Anda ataupun orang-orang yang Anda sayang. Karena mutiara Lombok, akan menjadi suatu perhiasan yang sangat elegan dan mewah, walau hanya sedikit dihias. Anda bisa mendapatkan mutiara Lombok yang telah dijadikan perhiasan di beberapa kampung disekitar Kota Mataram.

  • Kain Tenun dan souvenir khas Mataram
kain tenun lombok
kain tenun lombok

Selain mutiara Lombok, kain khas dan souvenir khas Lombok dapat menjadi pilihan lain dari oleh-oleh khas Mataram. Kain tenun dari Desa Sade dan Desa Sukerera, telah menjadi hal yang mendunia. Anda tentunya dapat menjadikannya pilihan, karena kain tenun dari kedua desa ini tidak kalah indah dengan kain-kain tenun dari daerah lain. Selain kain tenun, Anda dapat menjadikan gelang, kalung, gerabah, patung ataupun gantungan kunci sebagai oleh-oleh Anda. barang-barang seperti ini dapat Anda jadikan pilihan untuk Anda berikan kepada kerabat Anda yang lebih menyukai kesenian ketimbang makanan. Souvenir-souvenir ini juga tidak akan menghabiskan budget Anda, sehingga keuangan Anda dalam berlibur tentunya akan tetap aman.

Masih banyak tentunya oleh-oleh khas Mataram lainnya, yang dapat Anda berikan untuk orang-orang terdekat Anda. Namun keempat oleh-oleh tersebut, telah mewakili keseluruhan oleh-oleh yang ada di Mataram. Untuk Anda yang sedang berkunjung di Mataram, silahkan menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat wisata di lombok yang menyediakan oleh-oleh tersebut. Untuk Anda yang belum menyusun liburan, jangan lupa untuk mengatur waktu dan biaya untuk membeli oleh-oleh khas Mataram. Sekian informasi yang bisa diberikan  mengenai oleh-oleh dari negeri surganya Indonesia. Semoga, artikel tentang oleh-oleh khas Mataram ini dapat membantu Anda untuk memilih oleh-oleh untuk orang terdekat Anda. Selamat berlibur dan selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *