Souvenir Khas Lombok Yang Bisa Anda Jadikan Oleh-oleh

souvenir khas lombok

Lombok tak hanya memiliki panorama alam yang memukau dan eksotis, akan tetapi di Lombok juga sudah tersedia berbagai macam jenis kerajinan yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan yang tepat untuk orang terdekat Anda. Sebagian orang mungkin masih bingung ingin memilih Souvenir Khas Lombok yang seperti apa, padahal di Lombok memiliki segudang oleh-oleh yang sangat tepat untuk dijadikan oleh-oleh.

Untuk usalan lebih jelasnya, silahkan Anda simak artikel di bawah ini. ini dia 4 souvenir khas Lombok yang bisa Anda jadikan oleh-oleh.

1. Kaos Lombok

Kaos merupakan oleh-oleh yang sangat lazim dibawa pada saat berkunjung ke tempat wisata tertentu, selain itu juga hampir semua tempat yang sudah menyediakan oleh-oleh berupa kaos oblong dengan gambar atau tulisan dimana tempat Anda berwisata. Apalgai tujuannya kalau bukan untuk dijadikan buah tangan ataupun hanya kenang-kenangan.

Bagi Anda yang sudah pernah berlibur ke Lombok tak ada salahnya jika membeli oleh-oleh yang satu ini. selain murah, kaos Lombok ini juga bisa menjadi cinderamata dari Lombok yang membuktikan bahwa Anda pernah berlibur ke pulau Lombok. Karena di masing-masing wilayah itu memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing.

Di pulau Lombok, baju kaos yang paling banyak ditemukan adalah baju kaos yang terdapat gambar penyu ataupun pesona laut lainnya , dan tak jauh dari panorama alam yang menggambarkan pulau Lombok. Harganya mulai dari 45 ribu sampai dengan 150 ribu.

2. Kalung Mutiara

Siapa sih wanita yang tidak suka apabila diberikan kalung mutiara ? pulau Lombok merupakan salah satu pulau dengan pusat budidaya mutiara. Jadi jika Anda berlibur ke pulau Lomboktak ada salahnya jika Anda membawa kalung mutiara khas Lombok sebagai oleh-oleh atau buah tangan.

Tempat budidaya mutiara ini terletak di Kampung Sekarbela Kota Mataram. Di kampung ini terdapat dua jenis mutiara yang dibudidayakan, yaitu mutiara air tawar dan mutiara air asin. Untuk warna yang Anda inginkan juga sudah tersedia sesaui kesukaan Anda, mulai dari warna putih hitam, emas, dan perak.

Oleh karena itu, sangat sayang apabila Anda tidak membawa cinderamata dari pulau Lombok karena akan terasa kurang lengkap. Apalagi jika Anda sampai melewatkan memiliki kalung mutiara khas Lombok ini, yang belum tentu ada di jual di tempat lain. Untuk harganya dibandrol sangat bervariasi sesuai kulaitasnya mulai dari 150-300 ribu perbutir.

3. Gerabah Khas Lombok

souvenir khas lombok
Kerajinan Gerabah lombok

Souvenir yang selanjutnya adalah kerajinan gerabah yang terletak di Desa Banyumulek Lombok Barat. Gerabah merupakan hasil kerajinan tangan dari Lombok yang dibuat menggunakan tanah liat yang kemudian dibakar. Terdapat banyak sekali berbagai macam desain kerajinan gerabah yang bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan.

Mulai dari beberapa peralatan dapur ataupun hiasan rumah, dan sampai saat ini gerabah ini semakin banyak di beli oleh para wisatawan asing yang berkunjung atau yang berlibur ke Lombok. Gerabah ini bisa jadi oleh-oleh yang sangat menarik dan penuh dengan seni untuk di bawa pulang ke asal.

Anda juga bisa membeli gerabah khas Lombok ini sesuai yang di desain untuk interior rumah, karena sampai saat ini sudah sangat banyak dan bervariasi. Gerabah adalah kerajinan yang di produksi oleh desa banyumulek yang merupakan mayoritas masyarakatnya menjadi pengrajin gerabah. Karena saat berkunjung Anda bisa melihat di setiap rumah pasti sedang menjemur gerabah di depan rumahnya.

4. Kain Tenun Sasak

Selanjutnya yang bisa Anda jadikan buah tangan adalah kain tenun sasak, kerajinan tangan khas Lombok yang satu ini memang tak boleh Anda lewatkan apabila berlibur ke Lombok. Sebab kain tenun ini sangat populer, dan bahkan kepopulerannya sampai ke mancanegara. Kain tenun ini terbuat dari bahan pilihan, jadi jangan heran jika oleh-oleh yang satu ini menjadi favorit para wisatawan.

Bagaimana tidak dari kapas yang sudah melalui proses pemilihan ini akan dipintal dengan menjadi berbagai benang yang berwarna-warni. Selain itu juga untuk bahan pewarnaan tidak menggunakan pewarna sintetis, melainkan masih menggunakan pewarna alami, seperti dari dedaunan, akar tumbuhan, kulit pohon. Semua ini tak terlepas dari berbagai kekayaan alam yang dimiliki oleh pulau Lombok.

Setelah itu pintalan benang itu akan ditenun dengan alat tradisional sedikit demi sedikit sampai menjadi kain yang utuh. Prosesnya itu tentu saja tidak secepat kilat, karena butuh kehati-hatian di saat menenun. Dan untuk satu kain tenun membutuhkan waktu sekitar sebulan.

Kain tenun ini memiliki kualitas yang sangat bagus, akan sangat sayang jika Anda tidak memilikinya. Disaat Anda berlibur atau hanya sekedar berkunjung ke Lombok, memang akan terasa tidak lengkap jika Anda tidak membawa oleh-oleh khas dari Pulau Lombok ini.

Nah itu dia beberapa souvenir di atas khas Wisata Lombok yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh atau buah tangan. Dan masih banyak lagi souvenir lainnya yang bisa Anda bawa pulang, untuk keluarga dirumah, atau untuk pasangan tercinta.

Share:

Artikel Terbaru