Ultimate magazine theme for WordPress.

Taman Narmada Mataram Lombok, Tempat Rekreasi Bernilai Sejarah

Salah satu lokasi wisata di Lombok yang kerap jadi tujuan berlibur para pelancong adalah Taman Narmada Mataram Lombok. Taman Narmada sendiri merupakan replika Gunung Rinjani yang dulunya dibangun Anak Agung Ngurah Ngurah Karangasem.

Pembangunan Taman Narmda ini didasarkan pada pertimbangan bahwa dirinya tak sanggup lagi mendaki Gunung Rinjani.

Taman Narmada berlokasi di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada dan termasuk wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Nama Narmada sendiri diambil dari anak sungai Gangga yang ada di India. Artinya adalah mata air ataupun sumber kehidupan.

Taman ini memiliki luas kira-kira 3 hektar serta dibangun pada 1727 sebagai tempat peristirahatan para raja di musim kemarau.

Mengenal Lebih Dekat Taman Narmada Mataram Lombok

Tujuan lain dari pembangunan Taman Narmada Mataram Lombok kala itu adalah sebagai tempat pemujaan.

Penduduk asli Lombok yang beragama Hindu akan merayakan upacara khusus bernama Pujawali dengan cara mendaki Gunung Rinjani untuk kemudian memberi sesaji pada dewa di puncak gunung tersebut.

Taman Narmada Mataram Lombok
Taman Narmada

Upacara ini dimaksudkan sebagai persembahan pada Ida Bharata. Mengingat usia yang sudah tua serta tak sanggup lagi mendaki hingga ke puncak gunung, Sang Raja akhirnya membangun replika dari Gunung Rinjani.

Sementara kegiatan larung sesai akan tetap dilakukan di Segara Anakan oleh para abdi raja. Raja sendiri cukup melakukan doa di Taman Narmada.

Ongkos yang wajib dikeluarkan wisatawan untuk menikmati Taman Narmada Mataram Lombok terbilang cukup murah. Kita hanya perlu membayar Rp6.000 saat masuk pertama kali.

Artikel Populer: Mengangumkan! Ini Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok, Sudah Tahu?

Wisatawan akan masuk dalam Bale Terang dengan bentuk rumah panggung di mana bagian bawahnya memiliki fungsi sebagai gudang.

Bagian atasnya sendiri terbagi menjadi tiga bagian, yaitu dua kamar pada ujung selatan dan utara sebagai kamar permaisuri Bali dan Lombok.

Untuk kamar permaisuri Bali akan diberi lukisan kera sementara kamar permaisuri Lombok akan diberi lukisan naga.

Bagian tengah dari Bale Terang merupakan ruang terbuka menghadap ke arah timur, yang tak lain merupakan Pura dan Meru.

Tepat di atasnya, Pura Narmada dengan bentuk seperti pundak berundak menjadi satu dari delapan pura paling tua di Pulau Lombok. Letaknya persis berhadapan dengan Bale Terang.

tempat liburan di Lombok
Telaga di Taman Narmada

Pemandian Raja di Taman Narmada Mataram Lombok kini menjadi kolam renang umum serta berdampingan dengan Telaga Seger. Telaga Seger sendiri adalah replika Danau Segara Anak di puncak Gunung Rinjani.

Bagian Taman Narmada yang paling sering dikunjungi wisatawan ialah Balai Petirtaan di mana mata airnya berasal langsung dari Gunung Rinjani.

Mata air ini turut menjadi pertemuan tiga sumber air yaitu Lingsar, Narmada serta Suranadi. Untuk bisa masuk dalam Balai Petirtaan, wisatawan harus menggunakan selendang kuning.

Air di Taman Narmada Mataram Lombok dipercaya akan membuat kita awet muda. Benar atau tidaknya mitos ini, belum ada yang membuktikannya secara langsung.

Akan tetapi, memang sudah banyak orang menggunakannya untuk cuci muka, berwudhu hingga dikonsumsi.

Taman Narmada sendiri telah dibuka untuk umum serta menjadi tempat rekreasi sejak era kolonial Belanda. Beberapa pemugaran telah dilakukan demi perbaikan taman ini. Taman Narmada juga telah ditetapkan menjadi Benda Cagar Budaya.

Untuk bisa menuju Taman Narmada ini, wisatawan bisa menggunakan angkutan kota ataupun ojek dari Terminal Mandalika Mataram yang langsung menuju taman.

Di sini kita bisa menikmati indahnya pemandangan dan sejuknya udara segar sembari mempelajari sejarah masa lalu Pulau Lombok.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp