Taman Narmada, Tempat Pemandian Para Raja

Seperti halnya pada kerajaan-kerajaan lainnya, kerajaan di Bali juga pernah berkuasa di Lombok, hal ini terbukti dari banyaknya bangunan taman-taman yang di gunakan sebagai tempat peristirahatan para raja, serta digunakan sebagai tempat untuk menikmati suasana alam, setelah disibukkan dengan berbagai urusan kerajaan. Pada sebuah taman tersebut terdapat beberapa peralatan yang dapat dipergunakan untuk menghibur para raja. Namun, berbeda dengan taman lainnya yang ada di Nusa Tenggara Barat yang bernama taman narmada ini, yang telah dibangun untuk dijadikan sebagai tempat peribadatan dan juga tempat ritual bagi para raja.

Taman Narmada
Taman Narmada

Taman ini dibangun menyeruapai sebuah gunung rinjani dan juga danau segara anak, yang konon ceritanya ada seorang raja tua yang melakukan ritual kurban kepuncak gunung rinjani, dan beliau memerintahkan untuk membuat sebuah kerajaan yang membawa nuansa gunung rinjani ketengah kota, yang pada akhirnya mereka pun sepakat untuk membuat duplikatnya, yakni taman narmada. Ingin tahu kelanjutan dari cerita taman tersebut? Silakan Anda simak ulasan di bawah ini tentang taman narmada, tempat pemandian para raja.

Konon dahulunya taman narmada ini digunakan sebagai tempat pemandian bagi para raja-raja, namun saat ini taman telah dibuka untuk umum dan hingga saat ini menjadi pusat rekreasi yang selalu di ramaikan oleh para pengunjung. Konsep taman yang berciri khas nuansa alam yang sangat eksotik, yang makin apik dengan desain yang menyerupai bentuk sebuah gunung rinjani. Dan bukan itu saja, tetapi dibagian bawah dari taman ini terdapat tiga buah kolam yang di airi dengan sumber mata air yang sangat jernih bagaikan sebuah danau. Selain itu, di dalam taman narmada ini juga terdapat pura yang bernamakan pura kalasa, dan untuk sampai ke pura tersebut, Anda harus lewati puluhan anak tangga, yang memang sengaj dibuat supaya tampak seperti menaiki gunung rinjani. Memang perjalan Anda menuju pura kalasa akan menguras tenaga yang cukup banyak, tetapi suasana alam yang masih segar, serta pepohonan yang rindang dan juga sebuah kolam renang yang sangat cantik dengan airnya yang terlihat sangat jernih akan menghapus rasa lelah Anda.

Wisata Narmada
Wisata Narmada

Apabila Anda berkunjung ke taman narmada pada saat bulan november atau pun desember, maka Anda akan melihat sebuah taman yang tampak menjadi pusat peribadatan, sebab para penduduk asli pulau Lombok yang menganut agama Hindu di bulan tersebut biasanya akan merayakan hari pujawali, dengan menaiki gunung rinjani dan akan melakukan ritual pekelan dengan cara melempar barang-barang dan juga beberapa perhiasan kecil, hal ini digunakan untuk menghormati Dewa yang diyakini sebagai penjaga dari gunung rinjani.

Nah, itulah singkat cerita tentang taman narmada, tempat pemandian para raja, yang dapat penulis informasikan untuk Anda. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi liburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *