Tempat Liburan Lombok yang Tak Akan Kita Temukan di Tempat Lain

Banyak tempat liburan Lombok yang dapat kita kunjungi, namun beberapa di antaranya terbilang unik dan ikonik karena hanya dapat kita temukan di Pulau Lombok. Di bagian lain Indonesia atau bahkan di luar negeri, kita takkan menemukan tempat wisata yang serupa. Keunikan ini membuat objek wisata berikut turut dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Wisata Ibu Siswi dan Keluarga di Desa Sade Lombok
Wisata di Desa Sade Lombok

Salah satunya adalah Desa Sade. Objek wisata ini terbilang unik serta ikonik karena masyarakat desa masih mempertahankan adat istiadat Suku Sasak sebagai penghuni asli Pulau Lombok. Hal inilah yang menjadikannya sebagai salah satu objek wisata Lombok serta takkan dapat kita temukan padanannya di daerah lain.

Mengenal Desa Sade, Tempat Liburan Lombok yang Unik

Desa Sade Lombok termasuk dalam salah satu dusun yang terleta di Desa Rambitan, Pujut. Desa ini masih masuk kawasan Kabupaten Lombok Tengah. Keunikan desa Sade membuatnya ditetapkan sebagai Desa Wisata oleh Dinpar Pulau Lombok. Bahkan, desa ini seringkali disebut sebaga cerminan asli dari suku Sasak karena penduduknya berpegang teguh pada adat.

Walau lokasi tempat liburan Lombok ini ada di pinggir jalan raya, namun penduduk desanya masih sangat menjaga keutuhan serta keaslian budaya. Warisan leluhur selama 600 tahun lalu masih tetap dipertahankan hingga kini. Kita dapat melihat budaya Suku Sasak pada bentuk bangunan, tarian, adat istiadat, gaya berpakaian hingga permainan musiknya.

Banyak keunikan yang dapat kita temukan di Desa Sade. Pertama dan yang utama tentu adalah penduduk yang masih menjunjung tinggi kearifan lokal. Luas desa ini sendiri kira-kira sebesar 5.5 hektar serta bangunan tradisional yang masih bertahan ada sebanyak 150 buah. Tiap rumah terdiri dari satu kepala keluarga dan jumlah penduduknya sendiri ada 700 orang.

Wisata Ibu Hj Ida Maryam Dan Grup di Desa Sade Lombok
Wisata Ibu Hj Ida Maryam Dan Grup di Desa Sade Lombok

Semua penduduk desa Sade masih berasal dari satu keturunan yang sama, terutama karena masyarakatnya melakukan pernikahan antar saudara. Pernikahan ini sendiri terbilang lebih murah serta mudah dibanding apabila harus menikah dengan orang dari luar desa. Pernikahan yang dilakukan dengan orang di luar Sade sendiri harus mengeluarkan modal beberapa kerbau.

Sisi tradisional suku Sasak yang masih bisa kita lihat di Desa Sade selanjutnya adalah bangunan-bangunannya. Tiap bangunan yang ada di Sade seperti rumah, masjid hingga lumbung padinya masih mempertahankan arsitektur khas Suku Sasak. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu, tiangnya terbuat dari kayu dan atapnya dibuat dari alang-alang kering.

Keunikan lain dari bangunan khas suku Sasak ini adalah perawatan seminggu sekali menggunakan kotoran kerbau. Lantai akan digosok menggunakan kotoran kerbau bercambur air, lalu disapu dan digosok menggunakan batu setelahnya. Cara ini dipercaya akan membersihkan dan menguatkan lantai rumah, serta menghalau serangga untuk masuk.

Ragam atraksi serta budaya di tempat liburan Lombok ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang berkunjung. Di antaranya adalah musik tradisional gendang beleq hingga Tari Presean. Ada lagi pakaian adat suku Sasak yang sehari-hari kerap digunakan oleh sebagian besar penduduknya.

Peralatan sehari-hari yang digunakan masyarakat Desa Sade juga masih sangat mencirikan kekhasan suku Sasak. Mereka masih nyaman menggunakan aneka peralatan masak dan keperluan sehari-hari yang terbilang tradisional guna menjaga ciri khas dari gaya hidup suku Sasak. Modernisasi tampak tak menyentuh desa ini, namun justru itu yang membuatnya unik.

Adat Khas di Tempat Liburan Lombok Desa Sade

Ada satu adat tradisional yang cukup menarik di Desa Sade serta masih tetap dilakukan hingga kini, yaitu tradisi kawin lari. Laki-laki yang menyukai seorang perempuan di desanya dan perempuan tersebut bersedia dinikahi akan membawa lari perempuan tersebut dan membawanya ke tempat kerabat si laki-laki untuk diinapkan selama semalam.

Desa Sade Lombok
Desa Sade Lombok

Keesokan harinya, si laki-laki beserta keluarganya akan melamar si gadis guna dinikahi. Umumnya, laki-laki suku Sasak diharuskan menikahi perempuan suku Sasak pula.

Adanya adat unik serta aneka faktor menarik lainnya membuat Desa Sade sebagai tempat liburan Lombok yang unik, menarik serta sayang untuk dilewatkan. Tambahkan desa Sade ke dalam daftar liburan akhir pekan untuk menikmati pengalaman yang tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *