Tempat Liburan Lombok yang Memukau

Liburan Lombok merupakan salah satu liburan yang pastinya tidak akan terlupakan. Banyak sekali tempat wisata yang indah di sini. Bahkan berbagai jenis wisata seperti wisata bahari, wisata alam, wisata sejarah, dan wisata lainnya pun di sini ada. Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan untuk berlibur ke Lombok, berikut ini rekomendasi kami.

Tempat Liburan Lombok yang Tak Terlupakan

  1. Desa Senaru
liburan Lombok
Desa Senaru Lombok

Desa Senaru merupakan desa yang menjadi jalur pendakian utama menuju Gunung Rinjani. Desa ini juga merupakan desa dimana Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep berada. Di sinilah Anda bisa merasakan hawa desa yang sudah lama tidak Anda rasakan. Karena tempatnya di kaki gunung, maka udara sangat bersih.

Anda bisa berjalan-jalan mengelilingi desa dengan sepeda atau sepeda motor. Rasakan hawa sejuk dari Desa Senaru, suasana pedesan in tentunya tidak akan bisa Anda dapatkan saat sudah kembali ke rumah. Banyaknya pepohonan rimbun dan sawah tentu membuat desa ini semakin nyaman untuk dikunjungi. Jangan lupa pula untuk berinteraksi dengan warga lokal, ya.

  1. Air Terjun Sendang Gile
Sendang Gile
air terjun Sendang Gile

Saat sudah puas mengelilingi Desa Senaru, saatnya Anda memulai liburan Lombok yang sebenarnya. Untuk mengunjungi Air Terjun Sendang Gile, maka Anda membutuhkan fisik yang kuat. Karena perjalanan menuju air terjun ini membutuhkan tenaga yang banyak. Anda harus melewati 200 anak tangga yang turun naik. Setelah itu, masih ada lagi yang harus Anda lewati.

Selain melewati anak tangga, Anda juga harus melewati hutan belantara dan sungai. Tentu saja udara di sana dingin jadi Anda jangan kaget jika airnya terasa dingin seperti kulkas. Dari pintu masuk menuju ke air terjun ini memang membutuhkan waktu yang agak lama sekitar 20 menit. Apalagi Anda harus berjalan kaki untuk melewatinya. Namun perjalanan kesini sangat aman.

Anda akan dipandu oleh jasa local guide yang lebih paham dengan keadaan di Desa Senaru ini. Bahkan local guide di sana juga bersedia membawakan barang bawaan kita menuju ke air terjun dan kembali ke pintu masuk.  Satu local guide akan memandu 5 orang. Jika kuotanya lebih dari itu, maka akan ada local guide satu lagi yang akan memandu Anda dan kawan-kawan.

Menuju ke Air Terjun Sendang Gile berarti Anda harus membawa baju ganti. Karena sudah pasti Anda akan berbasah-basahan di sana. Apalagi saat Anda sudah kelelahan melewati anak tangga, hutan, dan sungai, maka Anda pasti tergoda dengan kesegaran Air Terjun Sendang Gile. Sumber air dari air terjun ini berasal dari Gunung Rinjani, jadi sudah pasti segar.

  1. Air Terjun Tiu Kelep
Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok
Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Bagaimana dengan Air Terjun Tiu Kelep? Air terjun ini masih satu kawasan dengan Air Terjun Sendang Gile, namun lokasinya lebih jauh. Jarak dari air terjun ini dari Air Terjun Sendang Gile adalah sekitar 30 menit berjalan kaki. Anda harus melewati hutan belantara dan bebatuan yang licin. Karena itulah jasa local guide diperlukan demi keamanan dan keselamatan Anda.

Di air terjun ini terdapat kolam alami yang letaknya persis di bawah pusaran air terjun. Saat sedang liburan Lombok kemari jangan lupa pula untuk berenang di kolam tersebut. Menurut mitos masyarakat setempat, air di Air Terjun Tiu Kelep merupakan air sakti yang bisa membuat kita terlihat lebih muda. Cobalah untuk membuktikan mitos tersebut dengan berenang di kolam.

  1. Masjid Bayan Beleq
Masjid Bayan Beleq
Masjid Bayan Beleq

Dari Desa Senaru, saat Anda turun gunung maka Anda akan melewati Masjid Bayan Beleq. Liburan Lombok juga tidak lengkap jika tidak kesini. Bagi Anda yang menyukai sejarah maka sangat cocok untuk berkunjung ke Masjid Bayan Beleq. Masjid ini sudah berdiri sejak 300 tahun yang lalu. Masjid ini merupakan situs bersejarah bagi agama Islam di Pulau Lombok.

Masjid ini terletak di Kecamatan Bayan yang terletak di Lombok Utara. Masjid ini memegang peranan penting bagi sejarah agama Islam di Lombok. Menurut sejarah, Masjid Bayan Beleq merupakan masjid pertama yang ada di Lombok.

Demikian 4 tempat wisata yang siap membuat liburan Lombok Anda menjadi lebih seru dan berkesan serta sangat menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *