Tempat Wisata di Lombok yang Jarang Dikunjungi dan Dijamah Wisatawan

Popularitas Pulau Lombok sudah tidak diragukan lagi di mata para wisatawan domestik dan mancanegara. Pulau Lombok yang letaknya berada di sebelah timur Pulau Bali memiliki objek wisata alam yang indah dan eksotis. Sebut saja Pantai Senggigi atau Gili Trawangan yang selalu ramai oleh para wisatawan setiap hari. Namun, objek wisata di Pulau Lombok tidak sebatas Pantai Senggigi atau Gili Trawangan saja. Masih ada banyak tempat wisata di Lombok yang jarang dikunjungi bahkan namanya masih asing di telinga para wisatawan. Apa saja? Simak di bawah ini.

  1. Tanjung Ringgit

tempat wisata di Lombok
Tanjung Ringgit Lombok

Tanjung Ringgit tergolong salah satu tempat wisata di Lombok yang jarang dikunjungi. Tempat ini memiliki keindahan alam yang menarik minat para wisatawan. Keindahan Gunung Rinjani bisa dinikmati dari Tanjung Ringgit. Begitu pula dengan Pulau Sumbawa dan Selat Alas yang bisa terlihat dari kejauhan. Ciri khas dari Tanjung Ringgit adalah mercusuar yang menjadi penanda setiap kali ada kapal yang berlalu lalang di sekitar Tanjung Ringgit. Keunikan yang terdapat di Tanjung Ringgit adalah meriam peninggalan Jepang saat Perang Dunia II yang masih ada di tempat tersebut. Ada juga gua bawah tanah yang dulunya dijadikan tempat persembunyian dan tahanan selama Perang Dunia II.

  1. Pantai Tangsi

wisata terkenal di lombok
Pantai Tangsi Lombok

Salah satu tempat wisata di Lombok yang jarang dikunjungi adalah Pantai Tangsi. Padahal, pantai ini memiliki keunikan yang terdapat pada warna pasirnya. Warna pasir di Pantai Tangsi bukanlah warna putih, melainkan warna pink. Sehingga, banyak orang yang menyebutnya dengan Pantai Pink atau Pink Beach. Pasir pantai yang berwarna pink berasal dari batu karang berwarna merah yang sudah hancur berkeping-keping dan bercampur menjadi satu dengan pasir asli pantai yang berwarna putih. Warna pink di pasir Pantai Tangsi akan semakin jelas ketika disapu oleh air laut. Warna pink yang mencolok akan terlihat di sore hari saat matahari terbenam dan laut menjadi pasang.

  1. Desa Banyumulek

Desa Banyumulek
Desa Banyumulek

Tempat wisata di Lombok yang jarang dikunjungi adalah Desa Banyumulek. Desa Banyumulek merupakan desa wisata yang berada di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Desa Banyumulek berada pada jarak 14 kilometer dari pusat Kota Mataram. Desa Banyumulek memiliki keunikan yang mana sebagian besar penduduk lokalnya bekerja sebagai pengrajin gerabah. Tidak heran jika penduduk lokal Desa Banyumulek memiliki tangan yang terampil untuk membuat gerabah dengan kualitas ekspor. Gerabah yang diproduksi d Desa Banyumulek tidak hanya berfungsi sebagai peralatan sehari-hari, tetapi juga dekorasi yang memiliki nilai seni yang tinggi. Para wisatawan yang berkunjung di Desa Banyumulek bisa turun tangan membuat gerabah yang berasal dari campuran tanah liat dan air.

  1. Desa Sade

Wisata Bapak Firman Maulana di Desa Sade Lombok
Desa Sade Lombok

Tempat wisata di Lombok yang jarang dikunjungi oleh para wisatawan adalah Desa Sade. Desa Sade berada di Kecamatan Pujurt, Kabupaten Lombok Tengah. Keunikan Desa Sade terdapat pada gaya rumah penduduk lokalnya. Rumah-rumah yang ada di Desa Sade memiliki atap yang terbuat dari daun alang-alang kering dan dinding yang terbuat dari bambu. Keunikan lain dari Desa Sade adalah jumlah penduduknya yang tidak bertambah. Hal ini dikarenakan aturan Desa Sade yang mana penduduk yang sudah menikah akan membangun rumah di tempat lain. Kehidupan yang ada di Desa Sade sangat kental dengan budaya suku Sasak. Selain itu, penduduk lokal Desa Sade masih memegang nilai-nilai leluhur suku Sasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *