Tempat Wisata Lombok Barat Yang Bagus dan Menarik Untuk Dikunjungi

Saat berlibur ke Lombok, biasanya para wisatawan lebih suka mengunjungi wisata lombok bagian utara. Padahal, tempat wisata lombok barat juga memiliki banyak tempat yang tak kalah indah. Bagi Anda yang ingin liburan ke Lombok, pastikan diri Anda mengunjungi tempat-tempat indah di lombok barat berikut ini.

Gili Kedis Surganya Tempat Wisata Lombok Barat

tempat wisata lombok barat
Gili Kedis Lombok

Jika biasanya para wisatawan lebih suka mengunjungi Gili Trawangan, cobalah untuk mengunjungi gili kecil yang satu ini. Gili Kedis menjadi tempat wisata lombok barat yang sering sekali disebut surga tersembunyi. Pasalnya, gili ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan eksotis.

Untuk sampai ke Gili Kedis, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat Kota Mataram. Gili Kedis terletak di Sekotong Barat dimana letaknya tidak terlalu jauh dari Gili Sudak. Karena merupakan pulau kecil, Anda harus menyebrang menggunakan perahu untuk sampai disini. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan air laut yang jernih.

Di Gili Kedis, Anda akan menemukan pemandangan indah pantai dengan pasir putih yang asri. Karena jarang dikunjungi banyak orang, air pantai Gili Kedis masih sangat jernih sekali untuk melakukan snorkeling ataupun diving. Jika Anda tidak ingin melakukan aktivitas air, Anda bisa bersantai di pinggir pantai. Disana telah disediakan gazebo dan ayunan untuk bersantai.

Tempat Wisata Lombok Barat Bernuansa Budaya dan Sejarah

Bosan dengan pantai dan gili? Mungkin Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lombok barat yang khas dengan budaya dan sejarah Pulau Lombok. Selain dapat menikmati keindahan wisata lombok, Anda juga bisa belajar tentang budaya dan sejarah dari Pulau Lombok. Berikut dua wisata menarik lainnya yang harus dikunjungi saat berada di Lombok Barat.

  1. Taman Narmada
Taman Narmada
Taman Narmada

Taman Narmada menjadi tempat wisata lombok barat yang menawarkan sejarah yang ada di Pulau Lombook. Taman ini terletak di Lembuak, tepatnya di jalan Raya Narmada. Di dalam area Taman Narmada, terdapat Pura Kalasan. Untuk sampai ke Pura Kalasan, Anda harus melewati beberapa anak tangga. Di bawah taman, terdapat tiga kolam dimana airnya berasal langsung dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Selain itu, ada pula kolam renang yang dulunya merupakan pemandian para raja.

Bagi Anda yang ingin beristirahat, Anda bisa bersantai di Bale Agung. Dulunya, bale ini dijadikan tempat para raja bermusyawarah. Taman Narmada saat ini lebih sering dijadikan sebagai tempat wisata. Namun, tak jarang pula taman ini dijadikan tempat berlangsungnya acara Pekaleman. Taman Narmada sangat cocok sekali dijadikan destinasi bagi Anda yang membawa anak-anak. Disini anak-anak dapat bermain sekaligus belajar tentang sejarah dan budaya Lombok.

  1. Pura Lingsar
Pura Lingsar
Pura Lingsar

Belum lengkap rasanya ke Lombok jika belum ke Pura Lingsar. Pura yang satu ini merupakan pura yang paling terkenal di Lombok. Pura Lingsar terletak di Desa Lingsar dan dibangun sejak tahun 1742. Yang membuat unik Pura Lingsar adalah pura ini merupakan gabungan dari dua latar belakang agama yaitu Hindi dan Islam. Di Pura Lingsar, Anda harus menggunakan selendang kuning saat memasuki area pura. Selendang ini merupakan simbol penghormatan dan kesucian pura. Saat ini, Pura Lingsar lebih sering digunakan untuk tempat rekreasi. Namun, pura ini juga masih dijadikan tempat upacara Perang Topat.

Perang Topat merupakan ritual yang melibatka kedua umat, yaitu Hindu dan Islam. Perang ini bukanlah merupakan perang menggunakan senjata melainkan menggunakan ketupat. Maksud dari ritual ini adalah untuk mensyukuri atas nikmat dan rejeki Tuhan. Selain itu, di Pura Lingsar juga terdapat sebuah kolam. Di kolam tersebut, Anda akan melihat banyak koin-koin yang berserakan didalamnya. Konon menurut mitos yang berlaku, jika kita melemparkan koin ke dalam kolam, harapan kita bisa menjadi kenyataan. Itulah mengapa banyak sekali wisatawan yang penasaran dan mencoba untuk melakukan hal yang satu ini.

Lombok memang menyimpan banyak tempat indah untuk berlibur. Selain Lombok Utara, jangan lupa untuk menginjakan kaki ke tempat wisata lombok barat. Di Lombok Barat, terdapat berbagai macam wisata baik itu wisata alam, wisata religi dan wisata budaya. Jadi, saat berlibur ke Lombok, pastikan diri Anda untuk mengunjungi tempat-tempat diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *