Pesona Tempat Wisata Lombok Barat yang Memukau

Lombok memiliki banyak tempat menarik untuk liburan. Tidak terkecuali beberapa tempat wisata Lombok Barat yang akan memukau Anda dengan keindahannya. Bukan sebatas alam yang mempesona saja, Lombok juga memiliki banyak pilihan tempat wisata kerajinan, sejarah, hingga tempat wisata adat. Tentunya bisa menjadi pilihan setelah wisatawan menikmati pemandangan tanah Lombok. Beberapa tempat wisata Lombok Barat yang bisa menjadi pilihan liburan dengan pesona Lombok yang beda dari lainnya. Berwisata ke Lombok kurang lengkap, jika Anda hanya menikmati alamnya saja. Cobalah menikmati lingkungan dan berbaur dengan masyarakat lokal untuk merasakan Lombok yang sebenarnya. Sebagai tambahan referensi wisata di Lombok Barat, berikut beberapa tempat pilihannya.

Pilihan Tempat Wisata Lombok Barat yang Menarik

Ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan pada tempat wisata Lombok Barat  dan beberapa di antaranya bisa Anda temukan di tempat-tempat berikut.

  1. Desa Gerabah Banyumulek Lombok
Tempat Wisata Lombok Barat
Desa Banyumulek

Di daerah Lombok Barat tepatnya di Kecamatan Kediri terdapat sebuah desa kerajinan gerabah yang namanya adalah Desa Banyumulek. Desa ini ditinggali oleh masyarakat Suku Sasak yang sebagian besar bekerja sebagai pengrajin gerabah. Hampir 80% masyarakat Desa Banyumulek membuat aneka kerajinan gerabah yang sudah terkenal hingga pasar luar negeri. Desa yang menjadi sentra kerajinan gerabah ini sudah sejak tahun 90an penduduknya membuat kerajinan gerabah.

Proses pembuatannya menggunakan cara manual atau tradisional. Pada beberapa tahun kemudian pemerintah Selandia Baru memberikan bantuan kepada masyarakat Banyumulek dengan memperkenalkan cara pembuatan gerabah modern. Sekarang kerajinan gerabah dari Banyumulek sudah sangat beragam dan lebih mengikuti selera pasar. Wisatawan yang datang ke desa ini akan melihat banyak tempat publik dan toko-toko dengan berbagai kerajinan gerabah di depannya. Wisatawan juga bisa membeli untuk oleh-oleh.

  1. Pura Taman Narmada
Taman Narmada
Taman Narmada

Satu tempat menarik di Lombok Barat yang bisa menjadi pilihan wisata Anda adalah Pura Taman Narmada. Lokasinya berada di Desa Lembuak yang ada di Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Tanah seluas 2 hektare menjadi tempat taman ini berdiri. Menurut sejarah, Pura Taman Narmada dibangun oleh Raja Mataram Lombok sekitar tahun 1727. Dulu digunakan sebagai tempat upacara dan juga menjadi taman untuk keluarga kerajaan beristirahat. Kini Pura Taman Narmada sudah dijadikan salah satu cagar budaya dan menjadi tempat wisata. Kompleks taman ini meliputi beberapa balai, taman, telaga, dan tentunya gapura-gapura besar yang menjadi gerbang utama. Air yang berada di kompleks taman ini merupakan aliran dari mata air Gunung Rinjani. Wisatawan dapat berkeliling melihat bangunan-bangunan yang ada di kompleks Taman Narmada. Selain itu, wisatawan dapat menikmati perkebunan buah yang ada di Taman Narmada.

Dua pilihan tempat wisata di atas bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin melihat lebih dalam dari pulau Lombok. Bagi wisatawan yang sudah berkeliling ke pantai-pantai atau gunung di Lombok, tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat-tempat menarik di atas. Walaupun di Lombok Barat juga memiliki tempat wisata alam yang tidak kalah indah dari daerah Lombok lain, seperti tempat wisata berikut.

Keindahan Tempat Wisata Lombok Barat di Gili Nanggu

Wisata Bapak Firman Maulana di Gili Nanggu Lombok
Gili Nanggu Lombok

Pulau, pantai, dan laut di Lombok benar-benar memikat hati para traveler. Keindahannya yang masih sangat asri perlu dipertahankan agar bisa masuk sebagai tempat wisata kelas dunia. Peluang untuk menjadikan Lombok sebagai tempat wisata kelas dunia sangat besar, terlebih lagi ada banyak tempat wisata yang ada di sana. Seperti yang sudah terkenal yaitu Gili Trawangan, Pantai Kuta Lombok, hingga Pantai Tanjung Aan. Bagi yang sudah sering ke sana, ada Gili Nanggu yang merupakan tempat wisata Lombok Barat siap membuat Anda terpukau dengan keindahan yang tidak kalah dari tempat-tempat wisata lain di Lombok. Gili Nanggu memiliki hamparan pasir putih dan laut biru yang menawarkan suasana tenang untuk Anda. Wisatawan dapat menikmati matahari tenggelam di kawasan Gili Nanggu ini. Gili Nanggu juga menjadi salah satu tempat konservasi penyu laut. Anda bisa melihat pemeliharaan telur penyu, penetasan, hingga pelepasan anak penyu ke lautan.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata Lombok Barat yang menarik dan bisa menjadi rekomendasi tempat liburan Anda. Tentunya Lombok Barat masih memiliki banyak tempat menarik lainnya, jadi Anda bisa menjelajah lebih banyak tempat menarik di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *