Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara yang Menawan

Apakah Anda sedang berada di Lombok dan hanya mempunyai waktu yang terbatas untuk pergi ke tempat wisata? Maka, Anda membutuhkan tempat wisata Lombok dekat bandara. Sebenarnya banyak wisata Lombok yang jaraknya agak jauh dari bandara dan bisa memakan waktu berjam-jam perjalanan. Namun jika Anda berniat mengunjungi tempat wisata Lombok, memang harus pergi ke pinggiran dulu karena di sekitar bandara tidak begitu banyak yang menarik. Kali ini kami akan membawa Anda ke Desa Sade untuk mengenal budaya Lombok. Destinasti ini juga tidak jauh-jauh amat, kok.

Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara Yaitu Desa Sade

tempat wisata lombok dekat bandara
Wisata di Desa Sade Lombok

Desa Sade, nama yang sederhana, sesederhana orang yang ramah. Terletak di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan jarak sekitar 30 kilometer dari kota Mataram. Untuk menemukan desa ini tidaklah sulit karena berada tepat di pinggir jalan Praya – Kuta. Desa Sade adalah salah satu desa suku sasak yang merupakan penduduk asli Lombok, bangunan ini masih sangat tradisional di desa ini, setiap bangunan terbuat dari kayu dan bambu untuk dinding dan atap jerami.

Lumbung Padi juga merupakan bangunan khas di sini yang dapat kita temukan di beberapa rumah. Di tempat wisata Lombok dekat bandara inilah maka Anda bisa belajar tentang budaya Lombok.Mata pencaharian pria Sade adalah bertani secara umum, tetapi karena telah berkembang menjadi desa wisata, beberapa pria menjadi Pemandu Wisata untuk desa ini.

Desa Sade juga terkenal dengan tenun ikat dan kerajinan tangan hasil tangan para wanita di desa ini. Hampir setiap rumah menjual suvenir, seperti kalung, gelang, gantungan kunci dan banyak lagi. Serta aktivitas yang menarik para wanita sade yang sedang menenun. Sejak remaja perempuan di desa Sade diajarkan untuk menenun oleh orang tua mereka, itu untuk regenerasi budaya sehingga di masa depan tenun ikat Sade tidak punah terkikis oleh waktu.

Sejarah Singkat Desa Sade Yang Merupakan Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara

Desa Sade Lombok
Desa Sade Lombok

Jika Anda sudah sampai di tempat wisata Lombok dekat bandara yang satu ini, maka pemandu wisata pasti akan memberikan pengantar singkat tentang Desa Sasak Sade. Menurutnya, orang Sasak adalah penduduk asli Lombok. Bahkan, 700 orang saat ini berada di desa itu. Dan itu bukan museum atau hanya untuk para turis. Tapi itu adalah desa nyata yang telah dihuni oleh penduduk asli Lombok untuk waktu yang lama.

Dia juga menyebutkan bahwa tidak ada orang luar yang tinggal di sini. Dengan demikian, mereka cenderung menikahi sepupu mereka. Dan pernikahan dengan cara Sasak itu unik. Anda harus menculik pengantin pilihan Anda! Itu bukan penculikan seperti di film. Ada aturan dan tradisi yang harus dijunjung tinggi selama proses penculikan. Dan jika penculikan berhasil, diskusi antara semua pihak berlanjut, mengarah ke upacara pernikahan. Keluarga pengantin perempuan melihat “penculikan” sebagai tanda menghormati putri mereka.

Di tempat wisata Lombok dekat bandara inilah maka Anda bisa melihat pertunjukan Tari Petuk. Dua anak laki-laki dengan cat wajah yang identik dan pakaian mengambil panggung dan memulai tarian mereka. Pemandu wisata menyebutkan sebelumnya bahwa ini adalah tarian yang dilakukan sebelum upacara sunat. Mereka menari-nari mengitari satu sama lain dengan tangan mereka melambai ke irama ensemble.

Selanjutnya akan ada pertunjukan Peresehan. Dua pria berpakaian sebagai prajurit datang ke panggung berikutnya. Dengan tongkat rotan dan pelindung kulit sapi mereka, mereka bermain dengan riang satu sama lain. Ternyata, ini hanya demonstrasi apa yang akan datang. Dua prajurit bertelanjang dada menggantikan mereka dan pertunjukan menjadi lebih menarik. Anda benar-benar dapat mendengar dari bunyi rotan ke perisai betapa kuatnya pukulan itu. Anda juga dapat melihat pukulan yang dilakukan oleh orang lain. Itu menjadi lebih intens ketika pada satu titik, mereka akan memukul penonton.

Di sini pula Anda juga akan melihat bagian dalam rumah tradisional Sasak. Lantai terbuat dari tanah liat dan dipoles secara berkala dengan kotoran sapi. Tradisi ini dilakukan untuk menangkal nyamuk. Sayang sekali saya tidak dapat menyaksikan penerapan kotoran sapi. Namun luar biasa, tidak ada bau kotoran sapi di lantai kering. Itulah keunikan Desa Sade sebagai tempat wisata Lombok dekat bandara. Selamat merencanakan liburan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *