Tempat Wisata Unik di Lombok yang Kaya Akan Edukasi

Lombok menjadi salah satu propinsi di Indonesia yang menyediakan banyak tempat wisata yang unik. Tempat wisata di Lombok tidak hanya memberikan hiburan berupa pemandangan alam yang menakjubkan tetapi juga memberikan edukasi kepada para wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.

Inilah Tempat Wisata Unik di Lombok yang Kaya Akan Edukasi

  1. Desa Banyumulek
Tempat wisata unik di Lombok
Desa Banyumulek Lombok

Desa Banyumulek menjadi salah satu desa yang memberikan edukasi kepada para wisatawan yang datang ke desa tersebut. Warga Desa Banyumulek memiliki keahlian dalam membuat kerajian gerabah. Gerabah yang dihasilkan oleh desa tersebut bahkan dikenal dengan baik oleh masyarakat luar negeri. Di desa ini, wisatawan dapat belajar bagaimana cara membuat gerabah dengan baik.

  1. Pura Lingsar

Pura Lingsar menjadi salah satu pura beragama Hindu yang ada di Pulau Lombok. Suku Sasak dan para penganut agama Hindu menganggap bahwa pura tersebut merupakan pura yang kramat. Wisatawan dapat mempelajari budaya suku Sasak melalui Pura Lingsar.

  1. Desa Sade

Desa Sade memiliki bentuk rumah yang sangat unik. Suku Sasak yang mendiami desa tersebut menggunakan bahan-bahan alami sebagai bahan pembuat rumah tersebut. Para wisatawan yang datang ke tempat wisata unik di Lombok tersebut dapat melihat keunikan tersebut dari penggunaan kotoran ternak sebagai bahan pembersih lantai. Wisatawan juga akan diberikan informasi mengenai cara bertenun kain songket, sarung dan selendang oleh penduduk lokal di desa tersebut.

  1. Masjid Bayan Beleq

Sejarah masuknya agama Islam di Lombok dapat diketahui oleh para wisatawan melalui Masjid Bayan Beleq. Situs sejarah yang ada di masjid tersebut merupakan saksi bisu penyebaran agama Islam di Lombok. Masjid yang dibuat dengan menggunakan anyaman bamboo tersebut masih berdiri dengan tegak hingga hari ini.

  1. Desa Sukarara
Wisata Bapak Firman Maulana di Desa Sukarara Lombok
Desa Sukarara

Wisatawan yang ingin mengetahui dimana lokasi pembuatan kain songket di Lombok, Desa Sukarara merupakan jawabannya. Tidak hanya sebagai tempat pembuatan kain tradisional Lombok, Desa Sukarara juga memiliki pemandangan alam yang masih asri. Wisatawan dapat belajar membuat kain Songket dan menikmati pemandangan secara bersamaan.

  1. Desa Senaru

Desa Senaru merupakan desa yang dilengkapi dengan dua jenis air terjun yang mengagumkan. Air terjun dengan ketinggian yang lumayan tersebut dapat dimanfaatkan untuk melepas lelah para wisatawan yang ingin mendaki Puncak Rinjani. Desa ini juga kental akan wisata religi dan masih mempertahankan kebudayaan asli dari penduduk Desa Senaru.

  1. Hutan Baun Pusuk

Wisatawan yang ingin berinteraksi langsung dengan monyet penghuni hutan di Lombok dapat berkunjung ke Hutan Baun Pusuk. Monyet di hutan tersebut merupakan binatang yang jinak dan bertingkah laku sangat menggemaskan. Wisatawan dapat mempelajari tingkah laku binatang tersebut saat berkunjung ke Hutan Baun Pusuk.

  1. Taman Narmada

Taman Narmada merupakan taman yang memiliki kolam yang indah. Keadaan taman Narmada yang asri memberikan kesan indah pada taman tersebut. Keindahan Taman Narmada hampir serupa dengan taman yang ada di Bali.

  1. Pantai Kuta Lombok
Wisata Bapak Firman Maulana di Pantai Kuta
Pantai Kuta lombok

Pantai Kuta Lombok memiliki pemandangan alam yang mengagumkan. Wisatawan dapat melakukan olahraga berkuda di pantai tersebut. Pasir putih yang ada di Pantai Kuta Lombok menjadi pemandangan unik yang ada di pantai tersebut.

  1. Pantai Pink Lombok

Wisata unik lainnnya yang ada di Lombok adalah Pantai Pink Lombok. Warna pink pada pasir yang ada di Pantai Pink Lombok menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang tertarik dengan pemandangan pantai tersebut.

Tempat Wisata Unik di Lombok yang Patut untuk Dipertahankan

Tempat wisata di Lombok yang terkesan memiliki keunikan dan memiliki nilai edukasi yang tinggi perlu untuk dilestarikan. Tempat wisata unik di Lombok tersebut dapat bertahan hingga saat ini akibat peran serta masyarakat lokal yang bermukim di tempat wisata tersebut. Wisatawan dapat mempertahankan tempat wisata tersebut dengan selalu menjaga kebudayaan Lombok yang ada.

Kelebihan Tempat Wisata Lombok yang Unik

Tempat wisata unik di Lombok tidak hanya mampu memberikan penampilan yang berbeda pada lokasi wisata tersebut. Banyak ilmu pengetahuan yang dapat diraih oleh para wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata Lombok yang unik tersebut. Keunikan yang dimiliki oleh lokasi wisata tersebut merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh tempat wisata yang ada di Lombok. Bagi para wisatawan yang ingin mengetahui sejarah dan kebudayaan yang ada di Lombok, mengunjungi tempat wisata di Lombok merupakan jalan keluar yang tepat. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata di Lombok tidak hanya dibekali dengan ilmu pengetahuan saja, mereka juga akan diberikan tawaran pemandangan alam yang mengesankan. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana keunikan dari lokasi wisata yang ada di Lombok, siapkan barang bawaan Anda segera dan rasakan sensasi dari lokasi wisata Lombok yang unik tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *