Tips Liburan ke Lombok Yang Wajib Anda Ketahui

Selain Pulau Bali, Pulau Lombok saat ini sudah menjelma menjadi surga pariwisata Indonesia. Wisatawan lokal maupun asing berbondong-bondong mendatangai berbaga lokasi wisata di Pulau Lombok. Sebelum memutuskan untuk pergi berlibur ke pulau ini, ada beberapa tips liburan ke Lombok yang bisa Anda cermati. Tips ini bisa membantu Anda mempersiapkan liburan yang sempurna

Tips Liburan ke Lombok Pertama, Persiapkan Rencana Liburan dengan Matang

tips wisata lombok
Wisata Lombok

Jika Anda ingin berlibur ke Lombok, Anda harus terlebih dulu merencanakan dengan baik semua hal terkait kegiatan berlibur Anda. Hal yang perlu direncanakan terlebih dulu meliputi :

  • Pemilihan lokasi yang akan dikunjungi

Ada banyak sekali pilihan lokasi wisata di Pulai Lombok. Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu lewat internet. Tentukan lokasi mana yang paling menarik dan ingin Anda kunjungi.

  • Transportasi menuju lokasi pilihan

Anda perlu merencanakan jenis moda transportasi apa yang akan dipilih sesuai dengan medan yang harus ditempuh menuju ke lokasi wisata. Rute perjalanan juga perlu dipelajari lebih dulu jika Anda berencana untuk menyetir sendiri tanpa bantuan pemandu perjalanan.

  • Jika berencana untuk menginap sebaiknya pesan kamar terlebih dahulu

Apabila Anda ingin menginap di lokasi wisata tujuan, Anda sebaiknya mencari informasi terlebih dulu mengenai ketersediaan penginapan di tempat tujuan Anda. Jika Anda berkunjung di musim liburan, memesan kamar jauh-jauh hari bisa lebih aman karena Anda tidak perlu khawatir kehabisan kamar kosong begitu sudah sampai di sana.

Jika sudah menentukan tujuan-tujuan objek wisata, selanjutnya Anda bisa menghitung estimasi biaya yang harus Anda keluarkan untuk perjalanan berlibur Anda. Estimasi ini masih dapat berubah tergantung kondisi di lapangan. Oleh sebab itu, persiapkan dana yang sedikit lebih banyak dari keseluruhan estimasi biaya yang diperlukan untuk kondisi-kondisi tak terencana yang mungkin dihadapi.

Tips Liburan ke Lombok Kedua, Persiapkan Semua Keperluan Liburan Sesuai Kebutuhan

Mengunjungi Rumah Adat khas Suku Sasak Lombok
Mengunjungi Rumah Adat khas Suku Sasak Lombok

Apabila sudah menentukan lokasi, tips liburan ke Lombok selanjutnya adalah mempersiapkan segala barang-barang yang perlu dibawa selama liburan. Anda perlu menyesuaikan barang bawaan Anda dengan lokasi serta kegiatan yang akan Anda lakukan selama liburan. Secara umum barang-barang yang perlu di bawa selama berlibur diantaranya baju ganti, perbekalan, peralatan dan obat-obatan pribadi, kamera serta alat komunikasi.

Ada beberapa barang-barang tambahan yang perlu dibawa disesuaikan dengan lokasi serta kegiatan apa yang akan dilakukan selama berlibur. Apabila Anda bertujuan untuk berlibur ke pantai, ada beberapa barang tambahan yang perlu dibawa yaitu tabir surya, kacamata hitam ataupun payung. Barang-barang ini diperlukan untuk menyiasati kondisi cuaca pantai yang sangat terik. Barang-barang tersebut bisa membantu menambah kenyamanan berlibur Anda.

Jika berencana berlibur ke gunung atau hutan seperti Gunung Rinjani ataupun lokasi wisata air terjun, sesuaikan pakaian Anda dengan kondisi medan yang ada. Sebaiknya gunakan pakaian tertutup untuk melindungi tubuh dari hewan, udara dingin ataupun pepohonan. Bawa perbekalan makanan dan minuman lengkap dengan obat-obatan pribadi. Pemilihan alas kaki yang nyaman dan tidak licin juga penting untuk kelancaran aktivitas Anda.

Tips Liburan ke Lombok Ketiga, Pastikan Kebersihan Lokasi Wisata Terjaga

Tips Liburan ke Lombok
Wisata Pantai Lombok

Sebagai pengunjung yang baik sudah semestinya selalu menjaga kebersihan dan keindahan lokasi wisata supaya tetap dapat dinikmati oleh orang lain. Tips liburan ke Lombok yang satu ini sangat penting dan perlu untuk diterapkan. Bawalah kantong plastik atau wadah khusus untuk membungkus sampah-sampah bekas Anda. Jangan sampai meninggalkan sampah berserakan di tempat yang Anda singgahi.

Selain masalah sampah pribadi, Anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak buang air sembarangan di lokasi-lokasi wisata. Selain tidak sopan dari segi norma, tindakan tidak bertanggung jawab ini juga bisa mengurangi kenyamanan pengunjung lainnya. Carilah toilet umum terdekat atau kalaupun terpaksa tidak menemukan toilet, sebaiknya cari tempat tersembunyi yang jauh dari lalu lalang pengunjung.

Semoga tips liburan Lombok ini bermanfaat bagi Anda untuk mewujudkan liburan seru sesuai keinginan Anda. Ciptakan liburan yang aman, nyaman dan menyenangkan dengan persiapan yang matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *