Tips Memilih Objek Wisata Lombok yang Akan Dikunjungi

Berlibur ke Pulau Lombok saat ini banyak dipilih oleh masyarakat karena Pulau ini sudah terkenal akan pesona alamnya yang luar biasa indah. Selain Pulau Bali, pamor Pulau Lombok saat ini sudah mulai terkenal bahkan hingga mancanegara. Ada banyak objek wisata Lombok yang menarik untuk dikunjungi. Saking banyaknya mungkin Anda akan menemukan sedikit kesulitan ketika merancang rencana liburan dan memilih lokasi apa yang akan dikunjungi.

Beragam Pilihan Tema Objek Wisata Lombok

Anda bisa menemukan lokasi wisata dengan beraneka tema di Pulau Lombok. Rasa-rasanya Anda bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang beragam dengan mengunjungi beberapa objek wisata dengan tema yang berbeda. Berikut ini kategori objek-objek wisata di Lombok yang bisa jadi pilihan berlibur:

  1. Objek Wisata Lombok Bernuansa Pulau

Pesona alam bahari Pulau Lombok sudah tidak perlu diragukan. Anda bisa mengunjungi lokasi wisata pantai serta pulau yang berbeda dengan karakteristiknya masing-masing. Berikut ini beberapa pilihan terpopulernya:

  • Objek Wisata Gili Trawangan
objek wisata lombok
Gili Trawangan Lombok

Pulau kecil nan eksotis ini pasti sudah tidak asing di telinga. Gili Trawangan adalah salah satu primadona Lombok yang kerap menjadi tujuan liburan dan berbulan madu. Berlokasi di sebelah barat daya Pulau Lombok, Gili Trawangan menawarkan banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari berenang, bersantai di pulau, menikmati matahari tenggelam, snorkeling, diving sampai mencoba aneka wahana air yang menantang.

  • Objek Wisata Gili Kedis
Gili Kedis
Gili Kedis

Gili Kedis adalah pulau kecil yang terletak di daerah Sekotong, Lombok Barat. Tidak seperti Gili Trawangan, Gili Kedis ini berukuran lebih kecil serta tidak berpenghuni. Pulau ini masih sangat alami dengan hamparan pasir putih super bersih dan batu-batu karang dengan bentuk yang unik. Berlibut di Gili Kedis akan serasa seperti berlibur di pulau pribadi

  1. Mempelajari Budaya dan Sejarah di Objek Wisata Lombok

Selain pesona alamnya, Anda juga bisa mengunjungi lokasi lain yang tak kalah cantik dan menarik tetapi juga memiliki nilai sejarah dan budaya. Pilihan berikut ini mungkin bisa Anda kunjungi:

  • Desa Sade, Objek Wisata Lombok yang Unik
Wisata Bapak Firman Maulana di Desa Sade Lombok
Desa Sade Lombok

Mengunjungi desa ini tidak sulit, lokasinya berada di Pujut, Lombok Tengah. Anda bisa menyaksikan secara langsung aktivitas masyarakat lokal lengkap dengan adat istiadat serta budaya yang masih kental digunakan sehari-hari. Desa Sade dihuni oleh suku sasak yang memiliki kebiasaan unik yaitu mengepel rumah menggunakan kotoran sapi.

  • Mempelajari Sejarah Agama Isalam di Objek Wisata Lombok Masjid Bayan Beleq
Masjid Bayan Beleq
Masjid Bayan Beleq

Masjid Bayan Beleq merupakan masjid tertua di Pulau Lombok yang merupakan pusat penyebaran agama Islam pertama di Lombok. Keaslian bangunan masjid ini masih terjaga dengan baik hingga saat ini dan dijadikan sebagai situs sejarah. Di sekitar masjid juga terdapat makam dari pemuka agama Islam yang berperan dalam pembangunan masjid ini pada zaman dahulu.

Masjid Bayan Beleq berlokasi Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di Desa Bayan. Lokasi ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 80 km dari Kota Mataram .Pengunjung disarankan menggunakan kendaraan prinadi atau sewaan untuk mempermudah perjalanan liburan ke masjid ini.

  1. Wisata Kuliner di Objek Wisata Lombok

Berkunjung ke Pulau Lombok tentunya jangan sampai melewatkan kelezatan kulinernya. Berikut ini adalah jenis-jenis kuliner asal Lombok yang popular dan banyak digemari wisatawan :

  • Ayam Taliwang

Ayam khas Lombok ini dimasak dengan cara dibakar menggunakan bumbu khusus yang bercita rasa pedas. Ayam Taliwang memiliki rasa yang khas karena dibuat menggunakan terasi asli Lombok. Sajian ayam ini cocok disantap dengan nasi hangat.

  • Plecing Kangkung

Hidangan ini berupa kangkung rebus yang segar disiram dengan sambal tomat pedas. Plecing kangkung sangat mudah ditemukan karena kerap menjadi hidangan sayur pelengkap lauk utama.

  • Sate Bulayak
Wisata Kuliner khas Lombok
Wisata Kuliner khas Lombok

Bulayak adalah makanan khas Lombok yang mirip seperti lontong, bedanya daun yang digunakan adalah daun aren. Bulayak ini disantap bersama dengan sate yang dimasak dengan bumbu khusus berupa campuran santan kental dan kemiri.

Nah, pilihan tadi mungkin bisa jadi referensi Anda dalam merencakan liburan ke Lombok.Jangan lupa selalu jaga keselamatan diri dan kebersihan lingkungan selama Anda berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *