Tips Menikmati Pesona Wisata Lombok Tengah

Lombok Tengah merupakan bagian wilayah dari Pulau Lombok yang memiliki kekayaan alam yang banyak mengundang decak kagum. Pesona kekayaan bahari di Lombok Tengah ini telah banyak menjadi tujuan berlibur wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Pantai menjadi salah satu tujuan utama wisata Lombok tengah karena keindahannya.

Pantai-pantai Indah Tujuan Wisata Lombok Tengah

Ada beberapa pantai di Lombok Tengah yang kerap dikunjungi wisatawan terlebih pada musim-musim liburan. Jangan sampai Anda melewatkan pantai-pantai berikut ini jika berkunjung ke Lombok Tengah:

  1. Pantai Tanjung Aan
wisata lombok tengah
Tanjung Aan Lombok

Sebagai bagian dari wisata lombok tengah, pantai ini berada  di daerah Mandalika, tepatnya di Kawasan Ekonomi Ekslusif. Anda bisa mencapai lokasi ini dengan menempuh perjalanan sekitar 75 km dari pusat Kota Mataram. Perjalanan ke pantai ini akan jauh lebih mudah jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dibandingkan dengan kendaraan umum. Pantai Tanjung Aan menyuguhkan pemandangan berupa hamparan laut jernih dengan hamparan pasir putih yang unik. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang menambah cantik panorama pantai. Pasir pantai di sini unik karena berukuran lebih besar dibandingkan pasir pantai biasanya yaitu bulat seperti merica.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Tanjung Aan seperti snorkeling, selancar, menyelam, berenang ataupun sekadar bersantai. Beragam piihan aktivitas tersebut didukung dengan kondisi pantai dengan arus yang tenang serta air yang luar biasa jernih. Pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap. Anda bisa menemukan pedang makanan, minuman ataupun oleh-oleh dengan mudah di sekitar kawasan ini. Jika tidak membawa peralatan snorkeling sendiri, di sekitar kawasan ini juga bisa ditemukan tempat persewaan yang memudahkan Anda.

  1. Pantai Kuta Lombok
pantai indah di Lombok
Wisata Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok berlokasi di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Lokasi Pantai Kuta ini berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan, yaitu hanya sekitar 3 km jaraknya. Seperti Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta juga dekat dengan perbukitan Mandalika yang cantik. Hamparan hijau perbukitan dan birunya air laut menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata.

Di pantai ini juga banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan seperti bermain air di pantai, berenang, snorkeling, berjemur atau menyelam. Di kawasan pantai ini tersedia penginapan-penginapan yang bisa disewa jika Anda berniat untuk bermalam di daerah Pantai Kuta ini.

Tips Persiapan Sebelum Berlibur ke Pantai Wisata Lombok Tengah

Sebelum pergi berlibur ke destinasi yang  menjadi bagian dari wisata Lombok Tengah ini sebaiknya perhatikan tips-tips berikut untuk menunjang kenyamanan serta keamanan Anda selama berlibur:

  1. Sebaiknya Anda datang pada pagi hari

Semakin sore ombak biasanya menjadi semakin pasang sehingga mengurangi keamanan jika bermain di sekitar pantai. Akan lebih baik jika Anda berangkat pagi hari supaya memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati liburan di Pantai Tanjung Aan.

  1. Jangan lupa membawa peralatan pelindung dari sinar matahari

Barang wajib yang harus dibawa ketika berlibur ke pantai adalah sunblock, kacamata hitam serta topi. Suasana pantai yang terik dapat berisiko membawa dampak negative bagi kulit. Selalu lindungi kulit dari sengatan matahari dengan sunblock dan lindungi kepala dan mata dengan topi serta kacamata hitam.

  1. Gunakan alas kaki yang nyaman

Pasir pantai yang terpapar sinar matahari biasanya menjadi cukup panas dan bisa melukai kulit. Sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman dipakai untuk melindungi dari panasnya pasir serta memudahkan Anda dalam berjalan.

  1. Siapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup

Di sekitar kawasan pantai biasanya belum terdapat fasilitas mesin ATM sehingga akan sedikit menyulitkan jika Anda tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup. Siapkan pula uang kecil untuk biaya parkir dan toilet.

  1. Bawa baju ganti yang cukup jika berniat bermain air

Mengunjungi pantai biasanya kurang lengkap tanpa merasakan langsung segarnya air. Jangan lupa membawa baju ganti apabila Anda ingin berenang atau bermain air dengan puas di Pantai Lombok ini. Fasilitas kamar mandi serta kamar ganti biasnya sudah tersedia di areal pantai.

  1. Gunakan kemampuan menawar jika ingin membeli oleh-oleh atau cinderamata

Berlibur biasanya identik dengan oleh-oleh. Di pantai-pantai wisata umumnya banyak pedagang yang menawarkan cinderamata. Cobalah untuk menawar terlebih dahulu sebelum membeli.

Demikian informasi tentang wisata Lombok tengah yang dapat bermanfaat bagi Anda pada saat berlibur ke pulau lombok yang merupakan pulau kecil nan indah. Selamat merencanakan liburan anda!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *