Top Destinasi Wisata Lombok Timur Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Lombok memang menjadi salah satu pulau di Indonesia yang sering dijadikan destinasi liburan. Selain menawarkan keindahan yang luar biasa, liburan di Lombok pun ternyata cukup terjangkau. Berbicara tentang liburan ke Lombok, destinasi wisata Lombok timur menjadi tempat favorit bagi para turis.

Di Lombok Timur, Anda bisa menemukan berbagai macam wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Beberapa wisata yang memiliki daya tarik bagi wisatawan adalah pantai dan air terjun. Lombok Timur memiliki satu buah pantai dan dua buah air terjun yang sangat terkenal sekali. Berikut keindahan yang bisa dinikmati di Lombok Timur.

Pantai Pink Lombok : Destinasi Wisata Lombok Timur Yang Paling Unik

Salah satu destinasi wisata Lombok timur yang menjadi incaran para wisatawan adalah Pantai Pink Lombok. Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini memang memiliki warna pink. Pantai Pink terletak di Desa Sekaroh yaitu di Kecamatan Jerowaru. Untuk sampai kesini, Anda bisa melalui rute kota Mataram – Pantai Tanjun Ringgit dalam waktu  2 jam.

Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Warna pink dari pantai ini sebenarnya terbentuk dari serpihan karang merah yang tercampur dengan pasir putih di pantai tersebut. Paduan dari warna putih dan merah inilah membuat warnanya pink, sehingga dinamai Pantai Pink Lombok. Karna keunikan warnanya inilah banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk kesini.

Di Pantai Lombok, ada banyak hal yang bisa dilakukan yaitu seperti snorkeling, memancing, ataupun sekedar bersantai di pinggir pantai. Namun, di Pantai Pink Lombok ini Anda akan jarang menemukan banyak fasilitas mewah seperti bar, hotel, atau yang lainnya. Disana hanya ada fasilitas berupa perahu kecil yang disediakan nelayan untuk sekedar berkeliling pantai. Karena tidak ada penginapan, sangat disarankan untuk Anda untuk kembali ke Mataram sebelum malam hari.

Destinasi Wisata Lombok Timur Yang Kaya Akan Nuansa Alam

Selain pantai, ternyata ada juga destinasi wisata Lombok timur yang berupa air terjun. Nah, bagi Anda yang mulai bosan dengan pantai-pantai di Lombok, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep. Keduanya terletak berdekatan yaitu di area pendakian Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru.

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Untuk sampai ke air terjun ini, Anda memerlukan waktu sekitar 2,5 jam dari Kota Mataram. Jadi, akan lebih baik lagi jika Anda mengunjungi tempat ini dengan menggunakan transportasi pribadi. Sedangkan, dari pintu masuk tempat wisata, Anda perlu berjalan kaki sekitar 15-30 menit untuk mencapai puncak air terjun.

Air terjun Sendang Gile memiliki tebing setinggi kurang lebih 30 meter. Pepohonoan dan dedaunan hijau yang menutupi tebing tersebut membuat pemandangan air terjun semakin terlihat indah. Terkadang, jika sehabis hujan atau kabut, Anda bisa melihat pelangi yang indah sekali muncul di dekat aliran air terjun.

Saat berjalan menuju puncak air terjun, Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang indah serta udara yang sangat segar. Namun, berhati-hatilah saat menyelusuri anak tangga. Pasalnya, jalan menuju air terjun sedikit curam dan licin. Disekitar air terjun juga akan terdapat banyak bebatuan yang besar.

Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep

Berbeda dengan Sendang Gile, air terjun Tiu Kelep berjarak sedikit jauh dari pintu masuk. Bahkan, jalanannya juga jauh lebih curam dan licin. Anda harus melewati sungai dahulu  yang dikelilingi pepohonan. Meskipun begitu, sungai tersebut masih sangat dangkal dan aman untuk dilalui.

Destinasi wisata Lombok timur yang satu ini memang cocok sekali bagi Anda yang gemar berwisata alam. Ketinggin air terjun yang mencapai 45 meter sangat indah sekali untuk dinikmati. Selain indah, ternyata baik air terjun Tiu Kelep maupun Sendang Gile ini memiliki keunikan dimana airnya dapat membuat kita awet muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *