Pesona Wisata Air Terjun di Lombok Yang Mempesona

Pulau Lombok bukan hanya terkenal karena wisata baharinya saja. Namun wisata alam seperti wisata air terjun di Lombok yang satu ini juga sangat mempesona!

Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata Pulau Lombok? Pantai Senggigi? Gili Trawangan? Pantai Pink? Atau Pantai Tanjung Aan? Sebenarnya Pulau Lombok bukan hanya berisi wisata bahari saja. Namun di pulau inilah terdapat wisata alam lainnya yang menakjubkan. Jika Anda sudah bosan bermain di pantai atau justru tidak begitu suka suasana pantai yang panas, maka kali ini kami mempunyai rekomendasi tempat wisata di Lombok yang bisa Anda kunjungi. Jika Anda mencari tempat wisata dimana Anda bisa menikmati alam dengan tenang, bisa melihat kehijauan alam yang segar, dan udara yang masih alami, maka Air Terjun Tiu Kelep adalah wisata air terjun di Lombok yang sangat kami rekomendasikan. Apa yang membuat air terjun yang satu ini istimewa?

Wisata Air Terjun di Lombok Tiu Kelep Lombok

Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok
Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Menuju ke Air Terjun Tiu Kelep berarti aka nada banyak petulangan yang menanti Anda. Air terun ini terletak di Kabupaten Lombok Utara yaitu di Desa Senaru. Air terjun ini bukan hanya besar, gagah, dan seju, namun pemandangan di sekitarnya pun juga sanggup menyegarkan mata Anda. Anda butuh waktu selama 45 menit untuk bisa sampai di Air terjun Tiu Kelep. Sebelum sampai di air terjun ini, Anda akan melewati Air Terjun Sedang Gile dulu setelah 20 menit berjalan kaki dari pintu gerbang Desa Senaru. Untuk menuju ke Air Terjun Tiu Kelep memang membutuhkan tenaga yang kuat karena Anda harus menuruni tangga yang disediakan disana. Namun jangan khawatir karena tangganya sudah tertata dengan rapi. Ada pula beberapa pondok sepanjang perjalanan yang bisa Anda kunjungi untuk istirahat.

Untuk melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tiu Kelep, maka Anda akan melewati jalan setapak setelah berhasil menuruni semua anak tangga. Setelah berjalan beberapa menit, Anda akan bertemu dengan tangga lagi untuk menuju ke sebuah jembatan. Inilah yang kami sebut petualangan karena Anda akan berada di tengah hutan belantara. Setelah melewati jembatan, Anda diwajibkan untuk menyebrangi sungai. Petualangan akan semakin terasa karena Anda harus berhati-hati pada saat menyebrang. Batu yang ada di sekitar sungai cukup licin. Lokasinya pun juga semakin mendukung karena berada di antara hutan yang cukup rimbun.

Meskipun perjalanannya cukup melelahkan namun tidak akan terasa karena sepanjangan perjalanan Anda akan bertemu dengan turis lainnya. Selain itu perjalanan Anda menuju ke wisata air terjun di Lombok ini juga akan sangat menyenangkan karena sepanjang perjalanan mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan alam yang indah. Selain melewati hutan rimbun dengan pemandangannya yang asri, Anda juga akan melewati jembatang yang bolong namun memiliki pemandangan yang indah. Setelah itu Anda akan disambut kembali dengan banyaknya pohon-pohon rindang. Dari sinilah suara gemericik dari Air Terjun Tiu Kelep semakin terasa. Petualangan yang paling seru adalah pada saat menyebrangi sungai. Kedalaman sungai sekitar tinggi betis orang dewasa. Dari sungai tersebut Anda sudah bisa merasakan dinginnya air dari Air Terjun Tiu Kelep. Bayangkan jika Anda sudah sampai disana, tentu akan lebih dingin daripada air di sungai!

Wisata Air Terjun di Lombok
Air Terjun Tiu Kelep

Wisata air terjun di Lombok ini mempunyai ketinggian mencapai 42 meter. Air terjunnya pun bertingkat-tingkat. Arus sungai di air terjun ini cukup lemah namun arus pada air terjunnya cukup deras sehingga kami sarankan untuk berhati-hati di area air terjunnya. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam yang tidak begitu dalam, hanya setinggi pinggang orang dewasa. Berenang disana sudah pasti aman. Karena itulah air terjun ini diberi nama Tiu Kelep. Tiu artinya kolam renang dan Kelep artinya terbang. Ada mitos yang terkenal dari Air Tejrun Tiu Kelep ini. Menurut masyarakat local, berenang di kolam alami tersebu dapat membuat Anda awet muda. Ada juga yang mengatakan bahwa berendam di kolam tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tips dari kami pada saat mengunungi wisata air terjun di Lombok ini adalah membawa pakaian ganti, membungkus gadget dengan plastik, dan pastikan Anda tidak buang sampah sembarang. Selamat menikmati segarnya Air Terjun Tiu Kelep!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *