Wisata Alam nan Sejuk di Kawasan Wisata Suranadi

Salah satu daerah kawasan yang ini sangat cocok di kunjungi bersama seluruh anggiota keluarga, karena keindahan panorama alamnya, di kawasan wisata ini juga kita dapat menimati aneka kuliner khas Lombok, seperti sate bulayak, ayam taliwang, pecel dan pelecing kangkung, dan khususnya di suranadi adalah jajanan dodol nangka dan dodol rasa buah lainnya.

Untuk menuju ke lokasi kawasan wisata ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit kea rah timur dari kota Mataram, tepatnya di desa surunadi narmada Lombok Barat, dengan rute mataram cakranegara sweta atau dapat pula dari jalur mataram cakra lingsar dan suranadi.

Kawasan ini sudah di kelola dengan sangat baik oleh pihak pihak terkait, mulai dari pemerintah, aparat daerah setempat hingga pengelola warung kuliner di daerah tersebut. Terlihat dari area parkir yang saat ini lebih luas dan teratur dengan di pisahkannya antara area parkir kendaraan roda empat dan roda dua. Sehingga memberikan kenyamanan kepada pengunjung dalam menjelajahi kawasan wisata ini.

Di dalam kawasan wisata suranadi ini terbagi menjadi dua area. Yang pertama yaitu area pura Utama Suranadi,. Yang mana pura Utama ini memeiliki bangunan pura yang lebih besar dengan area yang lebih luas dan menjadi pusat persembahyangan umat Hindu terutama dalam mendapatkan Air Suci atau di sebut tirta. Di dalam area pura ini juga satu kawasan dengan hutan lindung suranadi yang di huni oleh kera kera liar yang juga berkeliaran di sekitar kawasan pura ini. Untuk dapat memasuki area pura ini, kita sebagai pengunjung umum di perbolehkan masuk selama tidak ada acara ritual pada saat berkunjung dengan syarat menggunakan selendang yang di sediakan di gapura Pura.

Kemudian pada selatan pura terdapat sebuah Hotel yang dapat kita jelajahi untuk berenang di kolam alami di dalam hotel atau sekedar menimati keindahan panorama di dalam hotel tersebut.

Kemudian pada area kedua kita kearah barat dari area ini terdapat area yang di sebut area “Pembersihan” , yaitu area yang di khususkan sebagai tempat pemandian umum dan pemandian yang di sucikan umat Hindu. Berjalan selama kurang dari 10 menit kita akan melalui hamparan sawah hijau dengan aliran kali yang sangat jernih. Di kawasan pembersihan ini juga tersedia warung warung yang menjajakan kuliner yang sama dengan area di bagian Timur.

Lengkapnya pesona yang di tawarkan di kawasan wisata ini tidak memerlukan biaya yang mahal, sangat terjangkau untuk semua kalangan, terutam di hari hari libur kawasan ini sangat ramai di kunjungi, baik dari wisatwan lokal maupun luar daerah, bahkan mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *