Wisata Pantai Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Wisata di Lombok yang kita semua kenal mungkin adalah Gili Trawangan atau Gunung Rinjani. Tak salah memang, karena keduanya bisa dikatakan sebagai ikon wisata di Lombok. Namun selain keduanya, Lombok masih menyimpan aneka keindahan alam lain yang layak dieksplor. Salah satunya adalah pantai-pantainya. Bahkan, wisata pantai Lombok bisa dikatakan tak kalah dari Bali yang sudah terlebih dahulu mendunia. Kita bisa menemukan deretan pantai yang menawarkan keindahan serta ketenangan. Wisata pantai di Lombok ini bisa jadi tujuan pertama saat menyambangi Lombok. Dari beberapa pantai yang ada di Lombok, dua di antaranya terbilang wajib dikunjungi. Mereka adalah Pantai Tanjung Aan serta Pantai Kuta.

Wisata Pantai Lombok di Pantai Tanjung Aan

wisata pantai lombok
Pantai Tanjung Aan

Tanjung Aan diklaim sebagai pantai paling indah di Lombok. Lokasinya hanya beberapa meter dari Pantai Kuta, yaitu di sebelah selatan dari Lombok. Pasirnya memiliki tekstur unik karena terhampar seperti merica. Sampai bibir pantai, kaki kita akan tetap merasakan tekstur unik ini. Akan tetapi, pada bukit di dekat pantai yang bisa kita naiki, pasir pantainya tak lagi akan bertekstur seperti merica namun lebih halus. Pasir merica ini terbentuk dari fosil aneka karang. Jika diinjak tanpa menggunakan alas kaki, yang kita rasakan adalah pijatan pasir di tiap saraf kaki.

Selain menikmati keindahan wisata pantai Lombok, kita juga bisa naik ke atas perbukitan di Tanjung Aan guna melihat view-nya. Hamparan laut dengan warna hijau kebiruan akan membuatnya sangat indah. Pemandangan matahari terbenam di sini juga sangat layak diabadikan. Untuk bisa naik ke atas bukit, kita harus siapkan dana Rp10.000 untuk warga yang menjaganya. Daya tarik lain dari pantai ini adalah suasananya yang masih tenang. Hanya ada beberapa turis datang serta berjemur di pantainya. Ada juga wisatawan lain yang berenang atau bermain air. Pantai yang sepi terutama dikarenakan tak adanya hotel atau resort yang berdiri. Suasana yang sepi menjadikannya cocok untuk kita yang tak terlalu suka hiruk pikuk.

Luas pantai yang tak diimbangi dengan banyaknya jumlah pengunjung ini membuat kita dapat mencari aneka titik istimewa tanpa mengharuskan kita membaur bersama wisatawan lain pada satu titik tertentu. Pantai Tanjung Aan juga terbilang masih bersih. Nyaris tak ditemukan sampah yang berceceran. Pantai ini juga bisa jadi tujuan yang direkomendasikan bagi wisawatan yang datang bersama rombongan keluarga. Lautnya lebih menjorok ke arah daratan serta ombaknya juga cukup tenang sehingga takkan membahayakan bagi anak-anak. Namun demikian, orangtua tetap harus mengawasi anak-anak jika hendak berwisata kemari.

Wisata Pantai Lombok di Pantai Kuta

Wisata Ibu Siswi dan Keluarga di Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok

Selama ini mungkin kita pikir Pantai Kuta hanya ada di Pulau Bali. Padahal, di Lombok juga terdapat satu pantai dengan nama yang sama, yaitu Pantai Kuta. Lokasi persisnya ada di Desa Kuta, Lombok Tengah. Pantai ini semakin sering dijadikan destinasi wisata setelah banyak dibangun tempat-tempat penginapan. Tak ayal Pantai Kuta semakin layak dikunjungi dan menarik semakin banyak wisatawan. Pantai ini sendiri memiliki garis pantai hingga 7.2 km sehingga cukup panjang. Pada bagian baratnya terdapat Bukit Mandalika yang terkait dengan legenda zaman dahulu. Dari atas Bukit Mandalika, kita akan dapat menyaksikan keindahan Pantai Kuta dengan air laut yang bening. Kita juga bisa melihat gugusan terumbu karang yang terhambar di bawah laut.

Pasir pantainya berwarna putih serta halus. Kita bisa juga melihat upacara adat bernama Bau Nyale kira-kira 2 km dari Pantai Kuta. Upacara ini ialah penangkapan cacing nyale guna mengenang kisah di balik adanya Bukit Mandalika. Untuk mencapai wisata pantai Lombok satu ini, bisa dicapai dari Kota Mataram kira-kira 90 menit perjalanan karena jauhnya 72 km. Bawalah mobil atau bergabung dalam paket tour karena masih jarang ditemukan adanya angkutan umum. Sebelum mencapai Pantai Kuta, wisawatan akan melewati Desa Sade yang dihuni Suku Sasak selaku penduduk asli dari Pulau Lombok. Setelah sampai di lokasi, aneka kegiatan yang bisa dilakukan ialah snorkelling, surfing, hingga berenang dan menikmati matahari terbenam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *