Wisata Pulau Lombok Yang Pantas Anda Kunjungi Bersama Keluarga

Wisata Pulau Lombok yang Paling Disarankan

Dalam bahasa daerah Sasak, Gili diartikan sebagai pulau. Pulau yang berada di Lombok. Sebagai tempat wisata pulau Lombok, Gili menjadi tempat favorit wisatawan ketika berlibur. Ada tiga Gili yang sangat terkenal di pulau Lombok, antara lain Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ketiga Gili ini memberikan sensasi liburan yang berbeda dari tempat liburan yang biasa ditemukan. Anda juga dapat melihat keindahan penyu hijau yang berenang di lautan dengan kedalaman 10-20 m di bawah laut.

Wisata Pulau Lombok dengan 3 Gili Paling Juara

  1. Gili Trawangan
pantai terindah di Lombok
Pesona wisata Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan merupakan Gili atau pulau terbesar diantara tiga pulau yang terdapat di barat laut Lombok. Menjadi wisata pulau Lombok, Gili Trawangan menyajikan panorama sunset dan sunrise secara bersamaan. Anda dapat melihat matahari terbit dan tenggelam dalam satu tempat yang sama. Hal ini dikarenakan Gili Trawangan mempunyai pantai yang menghadap Timur dan Barat. Gili Trawangan merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang ingin melupakan sejenak hiruk-pikuk kota. Karena di Gili Trawangan, ada tidak akan menemukan kendaraan bermotor. Kendaraan yang paling umum ditemui adalah Cidomo atau kereta kuda dan sepeda. Di sebelah Tenggara akan Anda temui pantai yang sangat indah dengan pasir putih yang terhampar luas. Sedangkan di sisi bagian Barat akan Anda temui pantai yang sangat tenang. Di tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan setelah lelah bekerja atau ingin menyegarkan pikiran. Untuk menuju Gili Trawangan, Anda bisa menaiki motor dari pelabuhan kecil di Bangsal, sekitar 42 Km dari Kota Mataram.

  1. Gili Meno
Gili Meno Lombok
Gili Meno Lombok

Jika Gili Trawangan menjadi Gili paling besar, sedangkan Gili Meno menjadi Gili terkecil diantara ketiga Gili yang ada. Gili Meno menjadi wisata pulau Lombok yang harus Anda kunjungi. Perjalanan menuju Gili Meno akan Anda lewati Kota Mataram, kemudian melewati pantai Senggigi dengan pemandangan pantai yang terhampar dan juga hutan lindung. Hutan lindung yang akan Anda lewati merupakan hutan tempat koleksi burung-burung langka dilindungi yang berasal dari Indonesia maupun mancanegara. Gili Meno merupakan pulau terkecil sekaligus pulau tersunyi diantara tiga pulau yang menjadi daya tarik wisatawan. Dikelilingi oleh pasir putih yang indah dan udara pantai yang jauh dari polusi udara. Selain kendaraan bermotor, listrik di Gili ini pun masih terbatas. Hanya ada beberapa rumah yang memiliki penerangan berupa listrik, karena umumnya masyarakat hanya menggunakan lilin atau obor yang digunakan sebagai penerangan. Seperti tempat wisata pulau Lombok yang lain, laut Gili Meno juga dapat Anda selami dengan ber-snorkeling. Anda akan berenang bersama para penyu yang bermain-main, juga hiu karang yang terkadang muncul menyapa para penyelam. Air di Gili Meno sangat jernih dan terjaga, sehingga ketika berenang, Anda akan melihat keasrian terumbu karang. Selain berenang bersama para penyu, Anda juga dapat melihat langsung penangkaran penyu hijau di Gili Meno. Gili yang satu ini memang cocok dijadikan tempat berlibur Anda, karena selain keindahan alam yang indah, Anda juga akan belajar bagaimana melestarikan penyu hijau.

  1. Gili Air

Wisata gili air lombokGili Air merupakan pulau yang paling dekat dengan pulau utama di Lombok dan juga merupakan pulau paling padat penduduk. Berlokasi di desa Gili Indah, kecamatan Pemenang, kabupaten Lombok Utara. Perjalanan menuju Gili Air akan ditempuh sekitar 25 menit dari pelabuhan Bangsal dan dilanjutkan dengan kapal motor menuju Gili. Anda juga dapat menuju Gili Air dengan melewati daerah Pusuk yang merupakan kawasan gunung Rinjani. Ketika Anda berkunjung ke Gili Air jangan lewatkan untuk menikmati keanekaragaman hayati laut Indonesia. Wisatawan dapat melihat kuda laut, kura-kura, berbagai jenis ikan yang berwarna-warni, serta keanekaragaman lainnya yang terjaga dan dilestarikan. Menjadi tempat wisata pulau Lombok, Gili Air akan kebanjiran pengunjung ketika bulan Juli hingga Agustus, tepat ketika hari libur tiba. Wisatawan lokal maupun mancanegara akan datang dari berbagai wilayah, memadati setiap wisata pulau Lombok, termasuk tiga Gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Terlebih lagi ketiga Gili ini tempatnya tidak terlalu jauh, sehingga wisatawan dapat mengunjunginya dengan sekali perjalanan atau menginap di villa yang disewakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *