Ultimate magazine theme for WordPress.

Mengangumkan! Ini Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Lombok, Sudah Tahu?

Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lombok – Pulau Lombok telah lama dikenal akan potensi wisatanya yang luar biasa. Turis asing maupun domestik kerap mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan sendiri keindahan alamnya.

Tidak heran memang mengingat banyaknya objek wisata menakjubkan di Pulau Lombok, mulai dari gili, pantai, air terjun hingga desa wisata.

Dari sekian banyak tempat wisata yang ada, beberapa di antaranya bisa dikatakan sebagai wisata yang wajib dikunjungi di Lombok. Alasannya adalah karena kita takkan bisa menemukannya di tempat lain.

Keunikan dari tempat-tempat wisata ini juga sudah sangat mendunia dan dikenal hingga ke telinga pelancong mancanegara. Berikut adalah tempat-tempat yang dimaksud.

Deretan Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Lombok

  1. Gili Trawangan
Snorkeling Gili Trawangan
Snorkeling Gili Trawangan

Siapa tak kenal Gili Trawangan? Bahkan, jika harus menyebutkan satu saja tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok, Gili Trawangan bisa jadi menempati urutan pertama. Gili sendiri adalah sebuah pulau kecil yang letaknya di barat daya Pulau Lombok.

Dari ketiga gili yang ada, Gili Trawangan memiliki ukuran paling besar dan fasilitas paling lengkap. Panjangnya kira-kira 3 km dan lebarnya kira-kira 2 km. Terdapat total 800 orang yang mendiami gili ini.

Popularitas Gili Trawangan terutama adalah karena suasana pesta yang lebih hidup ketimbang Gili Meno maupun Gili Air. Di sini kita juga bisa menemukan Tir Na Gog, sebuah kedai yang menyajikan bir Irlandia.

Berwisata kemari artinya kita akan menemukan banyak kegiatan pesta yang digelar sepanjang malam. Lokasi pesta juga akan dirotasi sehingga tidak terpusat di satu titik saja.

Aktivitas populer yang sering dilakukan para wisatawan di antaranya adalah scuba diving, snorkelling, kayaking, hingga selancar. Terdapat pula kegiatan berkuda mengelilingi pulau.

Kelebihan Gili Trawangan dibanding pantai lain dan menjadikannya salah satu wisata yang wajib dikunjungi di Lombok adalah kita dapat menikmati pemandangan matahari terbit sekaligus tenggelam di pantai yang sama. Ini karena pantai di Gili Trawangan menghadap ke arah timur dan barat dengan jarak yang tak terlalu jauh.

  1. Gili Meno
Indahnya Gili Meno Lombok
Indahnya Gili Meno Lombok

Gili atau pulau kecil yang termasuk dalam wisata yang wajib dikunjungi di Lombok bukan sekedar Gili Trawangan, namun juga Gili Meno. Lokasinya ada di tengah-tengah Gili Trawangan dan Gili Air.

Kita bisa mencapainya dengan jarak tempuh 1 km dari Gili Trawangan. Ukurannya tidak terlalu besar, hanya memiliki panjang 2 km dan lebar 1 km.

Gili Meno adalah gili paling kecil di antara ketiga gili yang ada di Lombok. Kita bahkan bisa mengelilinginya dengan berjalan kaki saja. Sebagian besar wisatawan yang datang mengaku tertarik akan kedamaian dan ketenangan di sini. Suasana sepi Gili Meno bahkan membuatnya menjadi lokasi bulan madu yang banyak dipilih.

Terdapat total 400 orang yang menghuni Gili Meno. Fasilitas serta akomodasi yang tersedia di sini sudah terbilang cukup bagus sehingga bisa dikatakan sebagai wisata yang wajib dikunjungi di Lombok.

Kita bisa denga mudah menemukan kafe maupun warung makan dengan ragam menu pilihan khas Nusantara hingga Eropa. Pemandangan wisatawan asing yang tengah berjemur atau bersantai di tempat tidur gantung juga adalah hal biasa di sini.

Gili Meno turut dilengkapi spot penyelaman bernama Gili Meno Wall. Kita bisa menemukan banyak ikan serta penyu yang tengah berenang bebas di antara warna-warni terumbu karang.

  1. Gili Air
Wisata gili air lombok
Gili Air

Satu lagi wisata yang wajib dikunjungi di Lombok ialah Gili Air. Dibanding Gili Trawangan maupun Gili Meno, Gili Air adalah gili yang letaknya paling dekat Lombok. Berkunjung ke sini akan memungkinkan kita menikmati keanekaragaman hayati dari laut Indonesia.

Pengunjung dapat melihat spot kuda laut, beragam ikan, kura-kura, hingga penghuni laut lainnya. Masyarakat setempat sendiri menyebut Gili Air sebagai Tengaq Aiq yang berarti di tengah-tengah laut.

Mayoritas penduduknya berasal dari Suku Sasak asli Lombok serta Suku Bugis dengan mata pencaharian utama sebagai nelayan, pemandu wisata hingga pedagang.

Wisatawan yang datang ke Gili Air sendiri mayoritasnya berasal dari luar negeri seperti Prancis, Inggris, Australia, hingga Italia. Tapi tidak jarang juga wisatawan lokal berkunjung kesini.

  1. Pantai Pink
wisata Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Jika selama ini kita mengenal Pantai Pink hanya ada di Flores, NTT, maka pantai yang sama sebenarnya dapat pula kita temukan di Lombok, NTB. Nama aslinya adalah Pantai Tangsi, namun kemudian lebih dikenal sebagai Pantai Pink karena warna pasir pantainya yang merah muda.

Warna unik ini terjadi karena pasir putih pantai bercampur serpihan karang merah muda. Pantai Pink termasuk dalam wisata yang wajib dikunjungi di Lombok karena di dunia ini hanya akan kita temukan 7 pantai dengan pasir berwarna pink.

Warna merah muda ini sekaligus akan memberi kesan romantis sehingga tidak heran seringkali dijadikan tujuan wisata bulan madu.

Daya tarik Pantai Pink hingga menjadikannya wisata yang wajib dikunjungi di Lombok tak sekedar pada warna pasir pantainya. Lautnya juga sangat mempesona di mana tampak sangat jernih.

Jika kita menaiki sampan di laut, maka akan tampak dengan jelas keindahan bawah lautnya dari atas permukaan air. Wisatawan yang gemar mandi di pantai bisa melakukan aktivitas tersebut di sini karena ombaknya terbilang cukup tenang.

Pemandangan di sekitar pantai tak kalah menakjubkannya berkat deretan bukit yang tampak menghijau. Pastinya ada banyak spot foto yang instagrammable disini.

  1. Desa Sade
Wisata Desa Sade Lombok Ibu Sharifah dan keluarga
Wisata Desa Sade Lombok Ibu Sharifah dan keluarga

Wisata di Lombok tak melulu tentang pantai. Di sini kita juga bisa menemukan desa wisata yang masih mempertahankan adat istiadat penduduk asli Pulau Lombok. Salah satunya adalah Desa Sade.

Masyarakat desa ini masih memegang tradisi leluhur mereka dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh adalah bangunan rumah yang tampak sangat tradisional dan kebiasaan mengepel rumah menggunakan kotoran kerbau.

Lokasinya sendiri ada di Rembitan, Lombok Tengah dan persis ada di tepi jalan raya. Rumah-rumah penduduknya beratapkan ijuk, dilengkapi kuda-kuda bambu serta menggunakan tembok yang terbuat dari anyaman bambu.

Desa Sade ini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok karena keunikan yang takkan kita temukan di tempat lain.

Itulah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok karena popularitas serta keunikan yang dibawanya masing-masing. Tempat-tempat tersebut terbilang wajib untuk dikunjungi karena hanya bisa kita temukan di Lombok dan tidak ada di daerah lain.

Mulai dari wisata alam hingga wisata adat dan wisata kuliner, semuanya bisa kita temukan di Pulau Lombok. Lengkapnya fasilitas untuk para wisatawan yang berkunjung membuat kita akan semakin betah saat berada di pulau Lombok ini.

Baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri akan sama-sama bisa menikmati waktu liburannya di Lombok baik bersama keluarga, teman-teman maupun pasangan. Kita bisa berwisata secara mandiri maupun memanfaatkan biro travel yang secara khusus melayani perjalanan wisata ke Lombok.

You might also like
Telpon Kami
Chat WhatsApp