Yang Ini Pastinya Buat Anda Penasaran, Kebudayaan Desa Sade Lombok

Desa Sade terdapat di dusun Sade kecamatan Lombok bagian tengah. Desa Sade dapat ditempuh dari kota Mataram, kurang lebih 1 jam 30 menit, Desa Sade ini memiliki keunikan khas, yang membuat para wisatawan datang untuk melihat kebudayaan desa ini. Desa ini memiliki rumah adat yang sangat unik dan takjub.

Ini Dia Keunikan Desa Sade Lombok Yang Wajib Anda ketahui

Desa Sade Lombok
Desa Sade Lombok

Uniknya Desa ini adalah lantai rumah adatnya yang dibersihkan dengan kotoran kerbau, namun tidak berbau, aneh tapi nyata loh ini ! . Desa Sade memiliki penduduk yang memang sedikit, namun para penduduk disini sangat ramah dan sopan. Mereka masih sangat erat menjaga kelestarian dan kebudayaan adatnya. Seperti halnya dengan rumah adatnya yang seperti kalimat diatas. Disini Anda juga bisa melihat keunikan hasil kerajinan tangan Desa Sade di rumah penduduk desa ini. Anda juga bisa mengabadikan momen ini dengan berselfie di dalam rumah tanah yang eksotis ini.

Kawin Lari Adalah Keunikan Utama di Desa Sade Lombok

Anda pernah mendengar kata kawin lari ? pasti Anda langsung berpikir dengan orang menikah dengan cara berlari ? Namun bukan itu artinya. Kawin lari sudah dikenal dari nenek moyang Desa Sade dan masih dijalankan oleh penduduk di Desa ini. Jika penduduk disini menikah harus menggunakan cara tradisi kawin lari. Kawin lari ini artinya, Pria yang menikah menyembunyikan sang wanita di rumah keluarga sang pria. Setelah sah diperbolehkan menikah dari pihak wanita, pasangan ini merayakan hari indahnya dengan sebutan “NYONGKOLAN”. Nyongkolan ini dilaksana pada hari baik yang sudah di tentukan, biasanya di lakukan pada hari Minggu. Nyongkolan ini dilakukan dengan cara berjalan kaki dan diantar oleh warga di Desanya serta diiringi dengan Gendang Beleq yang membuat hati  pasangan ini semakin berbunga – bunga untuk mengunjungi rumah sang wanita.

Itu Dia ulasan dari Desa Sade Lombok, tertarik untuk mengunjunginya ?, ayooo kunjungi Desa Sade dan ketahui kebudayaan serta keunikan Desa Sade bersama Wisata Lombok sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *