10+ Tempat Wisata Tanjung Pinang – Kepri, Mulai Wisata Alam, Religi, Hingga Sejarah

Wisatalombok.id, Tempat Wisata — Tanjung Pinang atau sering juga ditulis Tanjung Pinang merupakan salah satu ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Pesona Indonesia bagian barat gak kalah menawan dengan destinasi di pulau lain. Apalagi di daerah Tanjung Pinang, ada banyak destinasi menarik yang wajib dikunjungi.

Tempat wisata Tanjung Pinang menawarkan banyak destinasi, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga religi.

Nah, mengunjungi berbagai tempat wisata Tanjung Pinang tentu bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin liburan bersama keluarga di akhir pekan mendatang.

Apalagi ada banyak destinasi hits yang bisa kamu kunjungi seperti Pulau Bintan yang menawan, Berbagai destinasi yang menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Bagaiman? tertarik untuk berlibur ke tempar wisata Tanjung Pinang? Jika iya, yuk simak terus artikel kali ini hingga selesai supaya kamu bisa memilih berbagai tempat wisata Tanjung Pinang sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk penjelasan selengkapnya berikut ini!

Tempat Wisata Tanjung Pinang, Kepri

1. Gunung Pasir Busung

Gunung Pasir Busung
Gunung Pasir Busung

Masi bignung untuk mencari tempat wisata Tanung pinang? jika iya, Gunung Pasir Busung ini bisa lho, kamu jadikan opsi untuk berlibur menikmati pemandangan yang sangat indah.

Tidak perlu ke luar negeri untuk menikmati berwisata di gurun pasir. kamu bisa akan dibuat takjub dengan pemandangan gunung pasir yang luas yang memanjakan mata. Jangan lewatkan berfoto di tempat indah ini untuk mengabadikan momen liburan kamu.

Gurun Pasir Bintan, Gurun Pasir yang Tengah trend di Desa Busung, Kepulauan Riau dikenal menjadi destinasi wisata yang cukup populer dikalangan wisatawan lokal hingga mancanegara.

Selain itu, Gurun Pasir Bintan ini memang tidak tercipta secara alami, namun dulunya merupakan tempat penambangan pasir yang cukup produktif. Bahkan, pasir hasil tambang juga diekspor hingga ke mancanegara.

Akhir-akhir ini terdapat sebuah tempat wisata Tanjung Pinang yang tengah trend dan keindahannya bertebaran di media sosial, tempat tersebut dikenal dengan Gurun Pasir Bintan.

Maka dari itu, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Tanung Pinang, Gunung Pasir Busung ini bisa kamu jadikan tujuan bareng krluarga ataupun pasangan.

2. Bukit Panglong

 Bukit Panglong
Bukit Panglong

Belakangan ini terdapat sebuah tempat wisata Tanjung Pinang yang tengah trend dan keindahannya bertebaran di media sosial, tempat tersebut dikenal dengan Bukit Panglong.

Bukit Panglong merupakan bekas tambang galian granit, yang dilakukan secara terus-menerus selama 50 tahun. Wisata yang populer di kalangan masyarakat baik lokal maupun mancanegara

Saat cuaca cerah bahkan airnya akan terlihat berwarna biru. Hal inilah yang membuat daerah Bukit Panglong menjadi eksis di kalangan traveler.

Keindahan alam yang dipadukan dengan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan membuat pengunjung merasa seperti berada di atas dunia.

Baca Juga:   Jalan – Jalan Ke Kota Semarang? Inilah Rekomendasi 10 Tempat Wisata Semarang yang Bisa Kamu Jajaki!

Selain menikmati pemandangan indah, Bukit Panglong juga menawarkan aktivitas lain bagi pengunjung yang ingin mengeksplorasi tempat ini.

Tak hanya itu, akmu juga dapat menikmati trekking dan hiking di sekitar bukit untuk mengeksplorasi keindahan alam sekitarnya.

Jadi, dengan adanya tempat wisata Tanjung Pinang yang satu ini kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat berlibur, karena Bukit Panglong adalah pilihan yang tepat.

3.  Danau Biru

Danau Biru
Danau Biru

Kepulauan Bintan menjadi salah satu destinasi wisata di Kepulauan Riau yang semakin populer. Bukan hanya dikelilingi laut yang indah, Bintan juga memiliki sebuah telaga yang mempesona. Warnanya biru tosca, namanya Telaga Biru.

Lokasi Telaga atau Danau Biru berada di Desa Busung, Kecamatan Tanjung Uban. Jaraknya cukup dekat dari Tanjungpinang, hanya sekitar 45 menit. Danau Biru juga bisa ditempuh lewat Tanjung Uban, cukup berkendara 15 menit.

Selain itu, terbentuk dari bekas galian pasir, danau dengan air berwarna biru ini memberikan pesona seperti di tengah gunung pasir. Tempat ini juga sangat indah dan terdapat banyak spot foto keren dan instagramable yang bisa anda unggah di feed Instagram milik kamu.

Yakin gak mau liburan ke tempat wisata Tanjung Pianang, untuk menikmati keindahan yang di tawarkan oleh Danau Biru?

Tempat itu makin populer karena masyarakat menambahkan beberapa properti agar aktivitas berfoto semakin seru. Ada ayunan, boneka unta, hiasan bambu, dan area memanah. Ada juga perahu bebek dan perahu kano untuk menjelajahi danau yang dikenakan tarif sekitar Rp 15.000-Rp 20.000 per orang.

4. Masjid Raya Sultan Riau

Masjid Raya Sultan Riau
Masjid Raya Sultan Riau

Tak hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Raya di Tanjung Pinang ini bisa menjadi tujuan wisata religi untuk kamu yang beragama Muslim. Hal yang unik dari masjid ini adalah karena adanya campuran putih telur pada bahan bangunannya.

Masjid Raya Sultan Riau atau disebut juga Masjid Sultan Riau merupakan salah satu masjid tua dan bersejarah di Indonesia yang berada di pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, provinsi Kepulauan Riau.

Masjid ini merupakan salah satu masjid unik karena salah satu campuran bahan bangunan yang digunakan adalah putih telur.

Selain itu, masjid ini tidak hanya memiliki fasad yg megah, kamu dapat mengagumi sebuah Al-Quran tulisan tangan berusia 150 tahun yang terletak di dalam kompleks suci.

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata Tanjung Pinang religi, Masjid Raya Sultan Riau adalah pilihan yang tepat. Lokasiya Penyengat, Kec. Tj. Pinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

5. Jembatan Dompak

Jembatan Dompak
Jembatan Dompak

Dekat dengan Masjid Raya Dompak, jembatan ini berada di Pusat Kota Tanjung Pinang. Meskipun terbilang belum dikelola secara optimal oleh pemerintah, namun kamu tetap bisa berkunjung dan menikmati pemandangan perairan biru di bawah jembatan ini.

Baca Juga:   Info Penting! Curug Cantel: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Jembatan Dompak termasuk jembatan terpanjang di Kepulauan Riau. Selain itu, termasuk salah satu yang terpanjang di Indonesia.

Setiap sore hari, masyarakat Tanjung Pinang berbondong-bondong datang hanya untuk melepas lelah dan berolahraga di area jembatan megah ini, sambil meikmati sunset.

Kini, Jembatan Dompak menjadi salah satu ikon destinasi wisata sekaligus menjadi simbol kebanggaan masyarakat Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Dengan begitu, jika kamu menggunjungi tempat wisata Tanjung Pinang yang satu ini, selain bisa berolahraga, kamu juga bisa menikmati keindahan sunset yang sangat indah.

6. Balai Adat Indra Perkasa

Balai Adat Indra Perkasa
Balai Adat Indra Perkasa

kurang lengkap jika anda tidak mengunjungi wisata adat ketika berkunjung ke tempat wisata Tanjung Pinang. Bisa ditempuh dalam waktu 15 menit saja dari pelabuhan, kamu bisa mengunjungi wisata sejarah ini dan menyaksikan keunikan dari bangunan – bangunan adat disini.

Nah, supaya kamu bisa merasakan nuansa Melayu yang kental saat berkunjung ke sini, Balai Adat Indra Perkasa wajib masuk daftar kunjungan.

Unsur autentik dan banyaknya spot-spot instagenic di destinasi wisata berbentuk rumah Melayu tersebut patut diabadikan dengan sempurna.

Arsitekturnya yang didominasi warna coklat dan kuning keemasan juga menambah kesan mewah dan elegan khas para raja.

Selain itu, di tempat yang diperkirakan sudah berusia 100 tahun ini kamu berkesempatan untuk mengenal benda bersejarah hingga dokumentasi tentang adat Melayu.

Jadi, jika kamu berminat untuk datang ke tempat wisata Tanjug Pianang yang satu ini, lokasinya berada di Jl. Diponegoro, Suka Mulia, Kec. Sail, Kota Pekanbaru, Riau 

7. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Selain dikenal dengan keindahan pesisirnya, Tanjung Pinang juga menyimpan sejarah panjang, mulai dari pusat kerajaan Riau (Lingga) hingga sekarang berkembang menjadi salah satu daerah dengan ragam pariwisata.

Keberadaan etnis Tionghoa sebagai salah satu etnis terbesar di sana, membuat Tanjung Pinang memiliki beberapa vihara sebagai tempat beribadah umat Buddha.

Nah, salah satu vihara yang sejak tahun 2017 menjadi sorotan banyak wisatawan ialah Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, yang menjadi tempat wisata Tanjung Pinang yang populer.

Oleh karena itu, Jika kamu ingin berkunjung ke tempat ini pada hari-hari biasa, sebaiknya kamu berkunjung di pagi hari atau sore hari menjelang matahari tenggelam. 

Karena waktu-waktu tersebut pemandangan di sekitar patung akan lebih menarik karena patung akan terkena paparan sinar matahari sehingga menimbulkan warna kuning keemasan.

8. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

 Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah
Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

Selanjutnya tempat wisata Tenjung Pinang yang admin rekomendasikan adalah Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, untuk kamu yang ingin mengetahui sejarah.

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah terletak di Kota Bintan, kamu bisa mengunjungi museum ini untuk melihat sejarah Tanjung Pinang.

Gedung ini dulunya bernama Hollandsch Inlandse School atau gedung sekolah pada masa kolonial Belanda dan kini sudah menjadi museum sejarah yang menarik.

Museum ini diresmikan pada tanggal 31 Januari 2009 oleh Walikota Tanjungpinang. Kepemilikan museum oleh pemerintah Kota Tanjungpinang. Pengelolaannya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang.

Baca Juga:   Wajib Kamu Simak, Inilah 10 Tempat Wisata Vietnam Paling Populer yang Harus Masuk dalam List Liburanmu

Jadi, jika kamu berminat untuk mengunjungi tempat wisata Tanjung Pinang ini, lokasinya berada di Jl. Ketapang No.2, Kemboja, Kec. Tanjungpinang Bar., Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

9. Areca Waterpark

Areca Waterpark
Areca Waterpark

Jika sedari tadi membahas objek wisata air di pantai, mari bergeser ke wisata air kolam renang. Kolam renang di Areca Waterpark ini menyediakan aneka wahana dan kolam yang luas sehingga cocok untuk liburan bersama keluarga.

Misalnya saja masyarakat Tanjungpinang, di akhir pekan kali ini, tampak sejumlah tempat wisata menjadi pilihan mereka untuk bersantai.

Sebut saja, Areca Waterpark merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang cukup populer bagi masyarakat Tanjung Pinang.

Nah, yang menajadi daya tarik bagi pengunjung di taman hiburan air ini adalah semakin lengkap dan banyak jenis wahana maka akan semakin menarik dikunjungi.

Selain itu, Ada berbagai macam pilihan dan tentunya menjadikan aktivitas berenang semakin seru mulai dari wahana Kids Poll, Kolam Arus, Kolam Ombak, Ember Tumpah dan Tower Slide.

Dengan begitu, saat akmu sedang mencari tempat wisata Tanjung Pinang, Areca Waterpark ini bisa lho, jadi tujuan kamu untuk menikmati liburan akhir pekan.

10.  Pulau Penyengat

Pulau Penyengat
Pulau Penyengat

Nah, untuk tempat wisata Tanjung Pinang yang terakhir admin rekomendasikan adalah Pulau Penyengat, yang bisa kamu kunjungu untuk menikmati keindahan yang memukau.

Pulau Penyengat merupakan salah satu pulau kecil di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, yang berjarak kurang lebih 2 km dari pusat kota.

Berjarak 2 kilometer dari pusat kota, kamu bisa menyaksikan peradaban Melayu Kuno ketika mengunjungi tempat ini. Pulau ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang unik dan menarik untuk disaksikan.

Selain itu, Di pulau ini terdapat berbagai peninggalan bersejarah yang di antaranya adalah Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam-makam para Yang Di-Pertuan Muda Kerajaan Johor-Pahang-Riau-Lingga san masi banyak lagi.

Tempat Wisata Tanjung Pinang Lainnya

Setelah membaca informasi 10 tempar wisata Tanjung Pinang, apakah kamu sudah bisa menentukan kita-kira wisata mana yang akan kamu kunjungi ketika akhir bulan nanti ya?

Jika kamu sedang tempat wisata Tanjung Pinang asik dan menyediakan pemandangan yang memukau maka salah satu dari tempat wisata tersebut dapat menjadi pilihan kamu.

Berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Tanjung Pinang lainnya:

  • Pantai Trikora
  • Pulau Dompak
  • MV Doulos Phos
  • Treasure Bay Bintan
  • Gunung Bintan
  • Igloo Misterius
  • Gedung Gonggong

Itulah 10 tempat wisata Tanjung Pinang, Kepri yang sangat beragam dan menyimpan keunikan dan keindahan tersendiri.

Mulai dari pantai hingga wisata bersejarah. kamu bisa memilih objek wisata mana yang ingin kamu kunjungi ketika berada di Tanjung Pinang, Kepri.

Baca Juga: