10+ Tempat Wisata Air Terjun Bukit Tinggi (Alamat, Jam Buka, dan Harga Tiket)

Wisatalombok.id, Tempat Wisata– Bukittinggi merupakan salah satu kota dengan perekonomian terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Bicara tentang Bukittinggi, pasti yang terlintas dibenak kamu, salah satu kota yang akan kaya destinasi wisata yang memiliki keindahan alam yang masi asri.

Bukittinggi memang kaya akan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tak cuma alam dan budaya, sejarah hingga mitos legenda setempat menjadi daya tarik wisata di Bukittinggi tersendiri.

Saat kamu sedang mencari tempat wisata, Bukittinggi menjadi salah satu destinasi menarik untuk liburanmu selanjutnya.

Untuk kamu yang tinggal di Padang, Bukittinggi juga bisa jadi destinasi weekend gateaway untuk sekedar melepas penat dan mencari suasana baru.

Nah, jika kamu ingin berencana liburan ke Bukittinggi, pada artikel kali admin bakal meromendasikan tempat wisata air terjung Bukititnggi sayang untuk kamu kewatkan.

Penjelasan selengkapnya berikut ini.

Tempat Wisata Air Terjun Bukit Tinggi yang Patut untuk Kamu Kunjungi

1. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
Air Terjun Lembah Anai

Wisata air terjun Bukit Tinggi yang paling populer adalah Air Terjun Lembah Anai. Tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung, karena disini semua orang bisa merasakan air terjun yang sangat jernih, dan dikelilingi dengan pemandangan indah yang berasal dari hutan di dalamnya.

Air Terjun Lembah Anai terletak secara tepat di sisi jalan utama trans Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Kota Bukittinggi.

Nah, untuk kamu yang ingin mencapai lokasi Air Terjun Lembah Anai, dari Kota Padang, hanya diperlukan sekitar satu jam perjalanan menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi, atau kereta api pariwisata. 

Kawasan ini sangat mudah untuk di tempu menjadikan Air Terjun Lembah Anai, menjadi salah satu tempat wisata air terjun Bukittinggi ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Maka dari itu, dengan adanya wisata air terjun Bukititnggi ini, kamu tidak perlu bingung lagi untuk berlibur karena Air Terjun Lembah Anai pilihan paling tepat.

2. Air Terjun Batang Aie Duo

 Air Terjun Batang Aie Duo
Air Terjun Batang Aie Duo

Bukittinggi tidak hanya keindahan wisata budaya dan kulinernya tapi juga alamnya sangat memukau. Salah satunya adalah lokasi air terjun Batang Aie Duo.

Air Terjun Batang Aie Duo memiliki ketinggian lebih dari 20 meter. Tapi sebelum itu juga banyak spot air terjun lainnya yang beragam dengan ketinggian 5 meter. 

Nah, untuk mencapai lokasi tersebut, kamu dapat berangkat dari kota Padang Panjang menuju Jorong Sikadundung – Nagari Singgalang. 

Perjalanan ditempuh dengan waktu 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat mengarah ke kaki Gunung Singgalang.

Baca Juga:   Kesegaran Curug Layung: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Selain itu, Air terjun Batang Aie Duo ini hulu airnya dari Gunung Singgalang, memiliki air yang bersih dari akar-akar kayu yang menyerap air hujan mengalirkan ke hilir sungai. 

Jadi, saat kamu sedang belibur ke Bukittinggi, Air Terjun Batang Aie Duo ini bisa lho, kamu jadikan opsi untuk menikmati keindahan air terjung serta menawarkan pemandangan yang sangat indah.

3. Wisata Air Terjun Bukit Tinggi, Air Terjun Langkuik

Air Terjun Langkuik
Air Terjun Langkuik

Masi bingung untuk mencari tempat wisata air terjun Bukittinggi? Jika iya, Air Terjun Langkuik ini bisa lho jadi tujuan kamu untuk menikmati keindaha alam yang masi asri.

Suasananya yang tenang, mampu membuatmu merasa nyaman untuk menghabiskan waktu berlama-lama.Sudah ada banyak wisatawan yang berpendapat bahwa air terjun ini memiliki keindahan yang tak tertandingi.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dengan tebing yang sangat tinggi. Cipratan airnya, membuat pengujung yang berada di radius 15 meter dari air terjun akan basah kuyup.

Nah, untuk Lokasi Air Terjun Langkuik Tinggi terletak di kaki Gunung Singgalang, dan Tandikek. Para pengunjung sebelum sampai di lokasi utama Air Terjun Langkuik Tinggi, akan disajikan dengan kehadiran air terjun lainnya.

Selain itu, pesona alam sekitar juga sangat menawan. Keberadaan pohon-pohon besar, suara air, sejuknya udara sekitar, serta tebing-tebing batu,menjadi orkestra alam yang tersaji di Air Terjun Langkuik Tinggi.

Oleh karena itu, tunggu apa lagi untuk menghbiskan waktu wekeend-mu, Air Terjun Langkuik ini bisa kamu kunjungi barebf keluarga ataupun pasangan.

4. Air Terjun Proklamator

Air Terjun Proklamator
Air Terjun Proklamator

Salah satu tempat wisata air terjun Bukit Tinggi ini, memiliki keunggulan tersendiri dengan pemandangan yang indah salah satunya Air Terjun Proklamator.

Jarak tempuh ke air terjun Proklamator sekitar 40 menit dengan berjalan kaki dari jalan utama, selama perjalanan kamu melewati jalan yang cukup ekstrem namun bisa di lewati karena ada pagar pembatas di buat oleh pengelola disana, karena tidak bisa di tempuh dengan kendaraan sampai ke lokasi.

Kendaraan hanya bisa dititipkan di parkiran rumah makan. Usahakan jangan datang saat weekend, karna wisatawan yang datang cukup ramai

Selain itu, Keindahan yang ditawarkan air terjun khas aliran air Gunung Singgalang ini tidak kalah dengan wisata air terjun lainnya. Menyajikan pemandangan air terjun dari berbagai sisi. 

Nah, untuk yang ingin berkunjung Air Terjun Proklamator maka cukup membayar biaya parkir sebesar Rp5000, dan juga akses ke area air terjun sebesar Rp10.000.

5. Air Terjun Langkuik Tinggi

Air Terjun Langkuik Tinggi
Air Terjun Langkuik Tinggi

Meski memiliki nama yang hampir sama dengan tempat wisata air terjun sebelumnya, tetapi kedua tempat wisata ini pada dasarnya berbeda.

Namun, meskipun begitu lokasi antara kedua air terjun ini tidaklah jauh, sehingga kamu bisa berganti tempat dengan mudah dan cepat.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dengan tebing yang sangat tinggi. Cipratan airnya, membuat pengujung yang berada di radius 15 meter dari air terjun akan basah kuyup.

Baca Juga:   Pesona Curug Balong Endah Bogor: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Selain itu, menurutnya berwisata alam ke sana tidak akan membuat menyesal, karena sebelum sampai di Air Terjun Langkuik Tinggi juga terdapat beberapa air terjun yang tak kalah indahnya.

Jadi, untuk kamu yang sedang mencari wisata air terjun Bukittingi, Air Terjun Langkuik Tinggi bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi.

6. Air Terjun Burai-Burai Indah

 Air Terjun Burai-Burai Indah
Air Terjun Burai-Burai Indah

Selanjutnya tempat wisata air terjun Bukittinggi yang admin rekomendasikan adalah Air Terjun Burai-Burai Indah yang bisa kamu kunjungi saat wekeend baik bersama keluarga ataupun psangan.

Menghabiskan waktu luang ke tempat ini mampu membuat pikiranmu terasa tenang sejenak. Sebab, hawa pada tempat ini sangatlah sejuk dan menyegarkan.

Selain itu, dengan airnya yang masih sangat jernih, membuatmu bisa mencuci muka di tempat wisata ini. Dengan begitu, wajahmu bisa terlihat lebih cerah dari sebelumnya.

Objek Wisata Air Terjun Burai Indah yang memiliki daya tarik yaitu air terjunnya 7 tingkatan yang mana airnya sangat asri dan sejuk serta kamu dapat menikmati pemandangan alam yang ada. 

citra yang terbentuk dari suatu objek wisata merupakan suatu kombinasi dari faktor yang ada pada objek wisata yang bersangkutan ( cuaca, pemandangan alam, keamanan, kesehatan).

7. Air Terjun Lubuak Tujuah

Air Terjun Lubuak Tujuah
Air Terjun Lubuak Tujuah

Dengan airnya yang masih jernih dan terbebas dari segala polusi dari dunia luar, membuatmu bisa berenang maupun mandi ke dalam air terjun ini.

Bahkan, karena lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan, jadi pemandangan di sekitarnya akan membuat tempat wisata ini semakin terlihat cantik dan menarik.

Air Terjun Lubuak Rantiang berada di di Kecamatan Koto Tangah, Padang. Tempat ini berada di tengah hutan sehingga objek wisata ini jarang terjamah oleh wisatawan.

Selain itu, Air Terjun Lubuak Rantiang memiliki ketinggian yang cukup rendah dibanding air terjun lainnya. Yakni hanya 6 meter saja. Tak heran bila pengunjung bisa naik ke atas batu dan melompat ke area kolam.

Nah, untuk menuju ke tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 25 kilometer dari pusat kota. Tiket masuk menuju Air Terjun Lubuak Rantiang sangat terjangkau, yakni hanya Rp5.000 per orang.

Dengan begitu, saat kamu sedang mencari wisata air terjun Bukittinggi, Air Terjun Lubuak Tujuah ini bisa kamu jadikan tujuan untuk menghabiskan waktu wekeend.

8. Badorai

Badorai
Badorai

Salah satu daya tarik dan keunikan dari tempat wisata air terjun yang satu ini adalah airnya yang dingin, sehingga sering disebut dengan nama fresh water.

Namun, tingkat suhu air dalam tempat wisata ini tidak membuat air itu menjadi tidak menyegarkan.

Karena hal ini terbukti dengan banyaknya wisatawan yang kembali ke sini untuk merasakan kesejukan air yang datang dari area ketinggian.

Maka dari itu, tunggu apa lagi jika kamu ingin berkunjungi ke wisata air terjun Bukittinggi ini, Lokasinyaberada Nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat atau pada bagian badan dari gunung Marapi.

Baca Juga:   Swiss Van Java Curug Orok: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Terbaru

9. Air Terjun Tampuniak

Air Terjun Tampuniak
Air Terjun Tampuniak

Untuk tempat wisata air terjun yang satu ini termasuk salah satu tempat wisata air terjun yang belum sepopuler air terjun-air terjun lainnya.

Kendati demikian, hal ini bukan berarti kamu tidak boleh ke sini untuk berlibur, justru kamu sangat patut berkunjung kemari untuk berlibur sejenak.

Air Terjun Tampuniak menjadi salah satu tujuan, meski mungkin kurang sering terdengar dibanding yang lainnya. Tapi, jika ke Sumatra Barat, tidak ada salahnya dijadikan dalam daftar wisata.

Terletak di Kabupaten Agam, Air Terjun Tampuniak biasa dicari oleh para pecinta alam. Terlepas dari hal itu, Sumatra Barat memang dipenuhi dengan objek wisata alamnya.

Selain itu, air terjun ini memiliki satu air terjun yang cukup tinggi tapi debit airnya kecil. Meski begitu, di tebingnya mengalir pula air yang membentuk tirai.

Oleh karena itu, wisata air terjun Bukittinggi ini sangat cocok untuk kamu kunjungi, selain indah kamu juga bisa menikmati pemandian air yang sangat segar.

10. Air Terjun Katajunan, Wisata Air Terjun Bukit Tinggi

Air Terjun Katajunan
Air Terjun Katajunan

Nah, untuk wisata air terjun yang terakhir admin rekomendaskan adalah Air Terjun Katajunan, yang bisa kamu jadikan tujuan untuk menikmati liburan akhir pekan.

Sama halnya dengan tempat wisata sebelumnya, Air Terjun Katajunan masih belum sepopuler tempat wisata air terjun lainnya. Namun, bagi warga lokal, tempat ini sudah menjadi destinasi wisata favorit.

Selain itu, Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dan pepohonan rindang yang membuat suasana di sekitarnya menjadi sejuk dan asri.

Kamu dapat menikmati keindahan air terjun dari berbagai sudut, baik dari atas tebing, dari bawah air terjun, maupun dari taman yang terdapat di sekitar air terjun.

Dalam hal ini, jika kamu sedang mencari tempat wisata air terjun Bukittinggi, Air Terjun Katajunan ini bisa kamu jadikan juan untuk liburan akhir pekan nntinya.

Tempat Wisata Bukittinggi Lainnya

Jika kamu berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk mampir ke Bukittinggi. kamu bisa asik berwisata di tempat wisata air terjun yang indah dengan pemandangan alamnya.

Beberapa tempat wisata di atas memiliki keindahan alam yang menjadi daya tariknya tersendiri. Sekarang admin akan bertanya kepada kamu, dari 10 tempat wisata air terjun Bukititnggi di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu.

Ataupun mungkin kamu makin bingung mau mengunjungi yang mana? Oh iya, berikut ini adalah informasi tambahan tentang beberapa tempat wisata Bukittinggi lainnya:

  • Pulau Pasumpahan
  • Pemandian Tirta Alami
  • Lembah Harau
  • Puncak Lawang
  • Istana Pagaruyuang
  • Air Nyarai
  • Pantai Pemutusan

10 tempat wisata air terjun di Bukit Tinggi ini sama-sama memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga kamu hanya perlu mencari yang paling sesuai dengan kebutuhan serta keinginanmu.

Baca Juga: